Supaya Cepat Hamil : Antara Mitos dan Fakta

Supaya Cepat Hamil : Antara Mitos dan Fakta

Antara mitos dan fakta kehamilan ibarat dua sisi dari koin yang sama. Keduanya kadang sulit untuk dibedakan. Di masyarakat kita, beredar berbagai macam mitos seputar kehamilan, termasuk mitos seputar upaya agar cepat hamil

mitos dan fakta seputar cepat hamil

Bagi pasangan suami-istri yang ingin segera hamil dan mendapatkan keturunan, mitos –mitos ini bisa membingungkan. Meski sebagian mitos itu mungkin ada benarnya, namun lebih sering mitos-mitos  itu malah menyesatkan karena memberikan informasi yang keliru.

Apa saja mitos dan fakta itu ? Berikut beberapa mitos dan fakta seputar upaya agar cepat hamil yang beredar di masyarakat.

1. Bila ingin segera hamil perlu berhubungan seksual 2 – 3  kali seminggu
Jawab : Benar
Jika Anda ingin segera hamil namun tidak tau atau malas menghitung masa subur, tips ini cukup efektif dan bermanfaat. Terapkan saja secara rutin dan konsisten. Kenapa ?

Sebab, dengan berhubungan seksual minimal 2 – 3  kali tiap seminggu dengan asumsi jarak antar hubungan berada di tengah minggu, maka sperma akan memiliki kemungkinan hidup 3 kali  (2 – 3  hari) dalam seminggu. Itu artinya,  hampir tidak ada hari di mana sperma absen dalam serviks, kecuali pada masa tidak subur tentunya. Sehingga ketika sel telur dihasilkan / ovulasi, maka sperma sudah siap untuk langsung membuahi.

2. Agar cepat hamil, berbaringlah ke kanan segera setelah berhubungan seksual
Jawab : Salah
Berbaring ke kiri atau kanan tidak akan berpengaruh banyak pada perjalanan sperma bertemu sel telur, mengingat posisi saluran telur yang berada di atas rahim. Cara yang terbaik adalah, setelah berhubungan seksual angkat sedikit panggul dengan diganjal bantal kecil dan angkat kedua kaki ke atas.  Posisi tetap terlentang selama 5 – 10  menit. Cara ini diharapkan dapat menahan sperma lebih lama dan membantu mempercepat perjalanan sperma ke saluran telur.

3. Untuk cepat hamil, segeralah berhubungan seksual setelah menstruasi selesai
Jawab : Tidak sepenuhnya benar
Tergantung masa ovulasinya. Jika masa ovulasi pendek, maka hal itu bisa terjadi, karena hampir tidak adanya masa tidak subur. Namun agak sulit jika masa ovulasinya panjang. Mengapa?

Karena sesaat setelah berakhirnya menstruasi, dinding rahim sebenarnya justru akan merapat dan menutup serta diikuti dengan tidak adanya sekresi / kelenjar, salah satu faktor pendukung yang melancarkan perjalanan sperma. Vagina akan dalam kondisi kering selama beberapa hari. Menebalnya dinding rahim ini juga akan menyumbat jalan masuknya sperma. Masa ini akan berlangsung selama 3 – 5  hari disebut sebagai masa tidak subur. Berhubungan pada masa ini tidak dapat menghasilkan kehamilan.

4. Pihak wanita menentukan jenis kelamin bayi
Jawab : Salah
Yang menentukan jenis kelamin bayi adalah sperma sang ayah, karena sperma laki-laki lah yang mengandung kromosom X dan Y. Kromosom X dan Y adalah kromosom penentu jenis kelamin bayi. Sedangkan sel telur ibu bersifat netral. Namun mengingat perbedaan sifat kedua kromosom ini, maka wanita bisa membantu meningkatkan potensi kehamilan untuk jenis kelamin bayi yang dipilih dengan menciptakan suasana vagina yang diinginkan oleh masing-masing kromosom dan mengatur waktu berhubungan yang meningkatkan potensi kehamilan bagi jenis kelamin bayi yang diinginkan.

5. Mengkonsumsi Taoge bisa membuat cepat hamil
Jawab : Benar
Taoge mengandung Vitamin B6, yaitu salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk mengatur hormon reproduksi. Selain itu juga dibutuhkan beberapa nutrisi lainnya untuk mendukung dan meningkatkan potensi kehamilan seperti zat seng, zat besi, asam folat, vitamin E dan C. Nutrisi lain tersebut misalnya terkandung pada beberapa jenis makanan seperti seafood, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, dan lain-lain.

6. Untuk cepat hamil perlu menambal gigi berlubang
Jawab : Benar
Beberapa studi menunjukkan adanya hubungan antara kesehatan gigi dan gusi dengan kesehatan rahim. Meskipun tesis ini belum memiliki kebenaran yang absolute dan diperdebatkan. 

Ada penelitian yang menunjukkan bakteri yang sama antara bakteri yang terdapat pada lubang gigi dengan bakteri yang ditemukan di rahim dan saluran telur. Beberapa dokter kandungan juga meyakini kebenaran ini dan menyarankan pasiennya untuk menutup lubang giginya bila ada.

7. Olahraga Jogging atau jalan cepat membuat cepat hamil
Jawab : Benar
Logikanya, jenis olahraga ringan seperti berenang atau jalan cepat dapat membuat tubuh menjadi lebih fit dan sehat. Di samping itu juga dapat membantu mengendalikan berat badan mengingat berat tubuh ideal juga menjadi salah satu faktor yang berpengaruh pada upaya cepat hamil. Wanita dengan berat tubuh yang ideal akan lebih mudah untuk hamil dibanding wanita kegemukan atau kelebihan berat badan. Pada dasarnya, terlalu gemuk atau terlalu kurus bisa menyebabkan wanita menjadi lebih sulit untuk hamil.

8. Mengadopsi anak agar cepat hamil
Jawab : Tidak ada bukti ilmiah 
Mitos yang satu ini sangat populer di masyarakat kita. Meskipun belum bisa dibuktikan secara ilmiah, namun beberapa pasangan telah membuktikan kemanjuran mitos yang satu ini. 

Pendapat medis menyatakan kehadiran anak adopsi sebenarnya lebih berpengaruh ke faktor psikologis pasangan terutama sang ibu. Karena ketegangan emosi dan depresi sang ibu berkurang sehingga berpengaruh positif bagi kondisi psikologisnya. 

Seperti kita ketahui, stress merupakan salah satu penyebab sulitnya kehamilan. Berkurangnya stress dapat membantu meningkatkan produksi hormon. Yaitu hormon yang akan mengoptimalkan fungsi sistem reproduksi sehingga pada akhirnya dapat mempermudah terjadinya kehamilan. 

Itulah beberapa mitos dan fakta seputar upaya agar segera hamil yang tumbuh dan berkembang dimasyarakat kita. Percaya dan tidaknya kita kembalikan pada masyarakat. Bagaimana menurut Anda ?

Subscribe to receive free email updates:

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *