Tips Untuk Wanita Yang Mengalami Infertilitas Sekunder

Jika Anda termasuk wanita yang mengalami infertilitas sekunder, inilah tips dari seorang dokter spesialis mengenai hal itu seperti dikutip dari Republika.co.id.

Inilah Tips Bila Teridentifikasi Mengalami Infertilitas Sekunder

Pertanyaan:                                       
         
Dok, saya telah menikah hampir 3 tahun dan sampai saat ini masih belum dikaruniai anak. Padahal, saya dulu pernah punya anak tetapi ia meninggal pada usia 3,5 bulan. Soalnya dulu saya disarankan dokter untuk KB Spiral (IUD) dan saya memakai itu. Sedangkan sekarang ini, saya masih belum dikaruniai anak. Saya ingin sekali punya anak lagi dan akan saya rawat semampu saya. Adakah tips yang harus saya lakukan, termasuk jenis makanan yang harus dikonsumsi supaya cepat hamil? Terima kasih. Salam

Ratna, Semarang - 29 tahun

Jawaban:

Hi Bu Ratna, turut simpati atas apa yang Ibu alami ya, semoga selalu diberikan limpahan kebaikan. Terkait dengan pertanyaan yang saya terima, mungkin perlu beberapa data tambahan seperti, sejak kapan dilakukan lepas KB-nya, apakah sudah lebih dari 1 tahun? Kemudian, apakah secara teratur melakukan hubungan seksual dengan suami dalam kurun waktu tersebut?

tips untuk wanita yang tidak subur
Bila kemudian jawaban kedua pertanyaan di atas adalah "Iya", maka dapat diidentifikasi dalam diagnosa sebagai infertilitas sekunder. Pada kasus seperti ini, sebaiknya melakukan cek HSG untuk melakukan penilaian tuba dan melakukan cek kualitas sperma pasangan Anda. Tidak terdapat jenis makanan tertentu yang wajib dimakan, pada prinsipnya gizi yang seimbang.

Selain itu, dianjurkan untuk melakukan hubungan seksual secara rutin. Terutama di masa subur dengan mekanisme perhitungan dimulai dari hari ke-11 dari hari pertama haid. Frekuensi hubungan di saat masa subur tersebut dapat diperbanyak semisal 2 kali sehari. Demikian yang dapat disampaikan ya, Bu Ratna. Semoga dengan begitu akan segera mendapatkan momongan.

Tentu sebaiknya juga dapat berkonsultasi atas hasil diagnosa pemeriksaan kesuburan, dengan dokter Kebidanan dan Kandungan untuk berkomunikasi lebih jauh. Terima kasih. Salam sehat. (SS)
dr Sanny Santana, SpOG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Meilia

Sumber : republika.co.id

Subscribe to receive free email updates:

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *