Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil, Melahirkan dan Menyusui

Madu untuk ibu hamil, melahirkan dan menyusui

Madu merupakan zat makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, termasuk ibu hamil. Manfaat madu untuk ibu hamil di antaranya adalah :

madu untuk ibu hamil, melahirkan dan menyusui
1.    Mengurangi rasa mual. Rasa mual merupakan salah satu tanda kehamilan yang paling umum, walaupun tidak semua ibu hamil mengalaminya.  Untuk mengurangi atau menghilangkan rasa mual yang dirasakan oleh para ibu hamil, maka mereka dianjurkan mengkonsumsi 3 sendok madu di pagi hari pada saat bangun tidur. Lakukan sebelum mereka pergi ke kamar mandi atau beraktifitas lain.

2.    Menambah nafsu makan. Hilang nafsu makan sering dialami wanita yang sedang hamil. Untuk menambah nafsu makan pada ibu hamil, mereka dapat meminum madu 2 atau 3 kali dalam sehari. Lakukan secara teratur.

3.    Untuk melindungi janin dari keracunan. Bukan hanya untuk ibu hamil, madu ternyata juga bermanfaat untuk janin dalam kandungan. Manfaat madu untuk janin dalam kandungan diantaranya diteliti oleh para dokter di Cina. Dari serangkaian percobaan yang telah mereka lakukan, ditemukan fakta bahwa calon ibu yang meminum madu setiap hari selama masa kehamilan dapat secara signifikan mengurangi kasus keracunan calon bayi.

Manfaat madu untuk membantu proses kelahiran

Masih dari negeri Cina, disana madu telah biasa digunakan sebagai bahan untuk membantu mempermudah proses kelahiran bayi. Caranya adalah dengan menjadikan madu sebagai cairan pada otot dengan tingkat konsentrasi 80%. Para dokter di Cina mengetahui bahwa para ibu hamil yang di beri madu kelahiran bayinya lebih mudah. Proses terjadinya pembukaan tempat kelahiran juga menjadi lebih cepat .

Hal itu dapat terjadi karena madu memang mengandung zat prostagelandine yang dapat mempercepat kontraksi pada rahim dan membuat leher rahim melebar.

Sebagian ilmuwan juga melakukan beberapa percobaan terhadap zat lilin yang menjadi sarang lebah untuk melihat bagaimana bahan tersebut dapat digunakan untuk menyiapkan leher rahim untuk menjalani proses kelahiran, karena bahan ini ternyata dapat membuat leher rahim menjadi lentur dan tidak menebal, sehingga ia dapat terbuka lebih lebar.

Di samping membantu pada saat kelahiran, madu juga dapat membantu ibu pada saat menjalani masa-masa nifas. Pemberian madu pada saat ini sangatlah penting, karena madu mengandung zat gizi yang tinggi. Apalagi madu juga mengandung berbagai macam zat yang dapat membunuh bakteri serta dapat memperkuat daya tahan tubuh untuk mencegah terjadinya demam pada saat nifas. Oleh sebab itu, maka banyak dokter di Jepang yang merekomendasikan untuk mengkonsumsi madu setiap hari selama masa nifas.

Manfaat madu pada masa menyusui

Air susu ibu merupakan zat makanan yang paling lengkap untuk bayi yang baru lahir. Karena itu anak yang baru dilahirkan sebaiknya mendapatkan haknya untuk disusui. Air Susu Ibu (ASI) dapat memperkuat daya tahan tubuh bayi dan merupakan makanan yang mencukupi kebutuhannya. ASI juga telah lama dinyatakan sebagai bahan makanan yang paling tepat untuk bayi.

Madu sangatlah bermanfaat bagi bayi yang menerima asupan ASI. Ada serangkaian penelitian yang dilakukan di Jepang dan berbagai negara lainnya yang membuktikan bahwa madu yang murni dapat memperlancar keluarnya ASI, ia juga dapat menambah zat anti kuman di dalam kandungan ASI, dan hal itu akan memperkuat daya tahan para bayi yang digunakan untuk menghadapi berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu, para ibu yang sedang menyusui bayi sangat dianjurkan untuk meminum 6 sendok madu setiap hari.

Madu juga sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis peradangan yang disebabkan oleh jamur yang menyerang mulut para bayi yang sedang menyusui. Cara untuk mengobati peradangan yang disebabkan jamur tersebut adalah dengan mengoleskan larutan madu yang dicampur dengan air kebagian mulut bayi.

Jika setiap hari seorang bayi yang sedang menyusui mengonsumsi madu dalam jumlah yang alakadarnya , hal itu akan dapat melembutkan tenggorokan, lidah, dan kerongkongannya. Hal itu juga dapat mencegah timbulnya jamur serta sangat bermanfaat bagi lambung dan darah.

Baca juga : Supaya Cepat Hamil Antara Mitos dan Fakta

Akhirnya, begitu banyak manfaat madu untuk para ibu hamil, ibu yang mau melahirkan dan ibu yang sedang menyusui. Karena di pasaran tersedia banyak sekali madu, maka pastikan selalu madu yang dikonsumsi adalah madu yang asli dan terjaga kualitasnya. Sehingga kaum ibu dapat memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya dari madu ini. Sumber : Islampos

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *