9 Kelainan Pada Mata dan Cara Mengatasinya

Sepasang mata bola
Dari balik jendela
Datang dari Jakarta
Menuju medan perwira ....

Masih ingat dengan lirik lagu Sepasang Mata Bola diatas ? Itu lho lagu perjuangan yang sering diajarkan di bangku sekolah. Hmm, … mata yang indah milik sang pujaan hati memang selalu bikin kagum. Seperti indahnya bola mata artis Aishwarya Rai dibawah ini he he ..

kelainan pada mata dan cara mengatasinya
Mata adalah salah satu indera kita yang paling penting. Dengannya kita bisa mengetahui keadaan lingkungan dan alam semesta.

Mata sebagai indera penglihatan harus berfungsi dengan baik, karena mata sangat berguna untuk kegiatan kita sehari-hari. Sebaliknya, kelainan pada mata dapat mempengaruhi aktifitas dan kebiasaan kita pada lingkungan sekitar.

Kelainan pada mata bisa terjadi pada siapa saja, termasuk kita sendiri. Karena itu memahami berbagai kelainan mata dan bagaimana cara mengatasinya akan membantu kita seandainya kita mengalami gangguan mata.

Kelainan pada mata dan cara mengatasinya

Berikut beberapa kelainan pada mata dan sekilas cara mengatasi kelainan mata tersebut.

#1. Rabun jauh (myopia)   
Orang sering menyebutnya juga dengan lamur. Rabun jauh bisa diartikan ketidakmampuan mata untuk melihat dengan jelas benda dalam jarak jauh. Rabun jauh disebabkan karena jarak titik api lensa mata lebih pendek atau lensa mata terlalu cembung sehingga bayangan benda jatuh di depan retina.

Rabun jauh biasanya diatasi dengan memakai kaca mata lensa cekung (kacamata minus). Kacamata minus akan membantu menempatkan bayangan tepat pada retina.

#2. Rabun dekat (hypermetropia)
Kebalikan dari rabun jauh adalah rabun dekat. Rabun dekat adalah ketidakmampuan mata untuk melihat dengan jelas benda dalam jarak dekat. Penyebab rabun dekat adalah karena lensa mata terlalu pipih. Titik api lensa berada di belakang retina sehingga mata tidak dapat melihat dengan jelas benda dalam jarak dekat.

Untuk mengatasi rabun dekat biasanya dengan memakai kaca mata lensa cembung (kacamata plus).  Dengan kacamata plus, sinar yang jatuh di belakang retina akan diposisikan kembali pada retina.

#3. Mata tua (presbiopia)
Presbiopi sering disebut dengan mata tua. Yaitu menurunnya kemampuan mata dalam beradaptasi karena faktor usia.. Penderita presbiopi tidak dapat melihat dengan jelas benda jarak dekat maupun jauh. Disebut mata tua karena kelainan mata ini banyak dialami oleh orang lanjut usia.

Untuk mengatasi presbiopia biasanya dengan memakai kacamata berlensa rangkap, yaitu bagian atas berlensa cekung (negatif) dan bagian bawah berlensa cembung (positif).

#4. Rabun senja
Rabun senja disebut juga rabun ayam. Yaitu kondisi dimata mata tidak mampu melihat dengan jelas benda yang berada di tempat kurang cahaya atau remang-remang.

Rabun senja disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Karena itu, untuk mengatasi rabun senja, penderita harus banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A.

#5. Buta warna
Buta warna adalah ketidakmampuan mata untuk membedakan warna. Kelainan mata ini bersifat menurun. Ada dua macam buta warna, yaitu buta warna total dan buta warna sebagian.

Buta warna total hanya bisa membedakan warna hitam putih saja. Sedangkan buta warna sebagian tidak bisa melihat warna tertentu, yaitu merah, biru, dan hijau.

#6. Katarak
Katarak disebut juga bular mata. Penyebab katarak adalah lensa mata yang keruh sehingga masuknya cahaya pada retina jadi terhalang. Penderita katarak biasanya berusia di atas 55 tahun. Untuk mengatasi katarak, perlu dilakukan operasi mata.

#7. Astigmatisme
Astigmatisme sering disebut mata silindris / silinder. Ini adalah gangguan mata yang disebabkan oleh ukuran lensa mata atau kornea tidak rata. Penderita gangguan ini tidak mampu melihat garis horizontal dan vertical.

Astigmatisme biasanya diatasi dengan memakai kaca mata dengan lensa silindris / silinder.

#8. Juling
Juling merupakan kelainan pada mata akibat ketidakserasian atau tidak sinkron-nya otot-otot mata. Bila penderitanya masih anak-anak, maka juling bisa diatasi dengan cara operasi.

#9. Glaukoma
Kelainan mata ini ditandai dengan peningkatan tekanan di dalam bola mata. Tekanan terjadi karena adanya sumbatan pada saluran di dalam bola mata dan pembentukan cairan di bola mata yang berlebihan. Glaucoma merupakan kelainan yang serius. Jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan kebutaan.

Tips singkat merawat kesehatan mata

#1. Biasakan membaca dengan cara yang benar, yaitu posisi mata lebih tinggi dari tulisan yang kita baca. Hindari membaca sambil tiduran
#2. Saat membaca, jaga jarak pandang antara mata dengan tulisan sekitar 30 cm
#3. Membaca harus ditempat yang cukup cahayanya. Jangan terlalu redup atau terlalu terang
#4. Hindari mata dari asap, debu, dan kotoran
#5. Menonton televisi jangan terlalu dekat, jarak yang ideal minimal 3 kali diagonal pesawat televisi kita
#6. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A
#7. Jika mata terasa sakit segera berobat ke dokter

Dengan senantiasa merawat kesehatan mata diharapkan semoga kita bisa terhindar dari kelainan mata seperti diatas. Masih mau ‘kan melihat sepasang bola mata yang indah dari pujaan hati ?

0 Response to "9 Kelainan Pada Mata dan Cara Mengatasinya"

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *