Tips Memilih Mainan Edukatif Yang Bagus Untuk Anak

Memilih mainan edukatif bagus untuk anak   

Mainan edukatif adalah sarana atau alat bermain yang mengandung nilai pendidikan dan pembelajaran yang positif bagi mereka yang memainkannya. Mainan yang edukatif akan memberi nilai tambah atau manfaat bagi anak tersebut dalam hal kecerdasan otak, ketrampilan motorik, kecerdasan emosional dan lain-lain.

Mainan edukatif yang bagus untuk anak

Mainan edukatif yang bagus adalah mainan yang sesuai dengan aspek perkembangan fisik dan mental anak yang bersangkutan.

Tidak semua mainan bisa disebut mainan edukatif dan cocok untuk perkembangan anak. Demikian pula tidak semua mainan memiliki derajat edukasi yang sama.

Ada mainan yang bagus dan sangat edukatif karena memperdulikan aspek pendidikan dan pembelajaran. Ada pula mainan yang tidak bagus, tidak edukatif dan hanya memperhatikan keuntungan ekonomis semata.

Mainan yang tidak edukatif seperti itu harus dijauhi, karena dampaknya kurang baik bagi anak.

Setiap orang tua pasti ingin memberi mainan yang terbaik bagi tumbuh-kembangnya anak-anak mereka. Untuk itu orang tua dituntut cermat dalam memilih mainan anak yang sesuai.

Nah, berikut adalah beberapa kriteria dan tips dalam memilih mainan edukatif yang bagus untuk anak :

#1. Keamanan. Kriteria pertama dalam memberi mainan anak yang edukatif adalah soal keamanan. Yaitu aman dan tidaknya mainan tersebut bagi anak. Yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah bahan dasar, berat, ukuran dan bentuk mainan. Dalam beberapa kasus ditemukan mainan anak yang mengandung logam berbahaya seperti merkuri dan timbal. Untuk menghindari resiko bacalah label yang ada pada box mainan. Jika ditulis dalam bahasa asing minta penjual untuk menjelaskannya. Jangan sampai, mainan tersebut justru berbahaya bagi keselamatan anak.  

#2. Usia. Mainan anak yang edukatif selalu mencantumkan instruction by age. Yaitu keterangan yang menunjukkan mainan edukatif tersebut direkomendasikan untuk anak usia tertentu. Misalnya sebagai mainan edukatif anak usia 1 tahun, 2 tahun dan lain-lain. Anak usia 1 tahun sebaiknya diberikan mainan yang ukurannya agak besar.

#3. Menghibur. Mainan anak yang edukatif selalu mengedepankan aspek hiburan bagi penggunanya. Aspek hiburan misalnya terlihat dari komposisi warna, bentuk, bunyi, ataupun gerak. Mainan edukatif untuk anak harus menghibur dan menyenangkan, kenapa ? Sebab masa anak-anak adalah masanya bermain sehingga anak tidak boleh dibebani dengan rasa sedih, tertekan, marah dll. Jika setelah selesai bermain anak terlihat ngambek, sedih, tertekan, dll sebaiknya evaluasi kembali mainan tersebut.

#4. Sesuai jenis kelamin. Ada mainan yang cocok digunakan baik oleh anak laki-laki dan anak perempuan, ada yang hanya cocok dimainkan oleh anak laki-laki, dan ada pula mainan yang hanya cocok dimainkan oleh anak perempuan saja. Berikan mainan anak sesuai jenis kelaminnya. Mainan yang tidak sesuai dengan jenis kelamin harus dihindari karena bisa menimbulkan problem dikemudian hari.

#5. Kreatifitas. Mainan edukatif anak yang bagus adalah mainan yang bukan hanya sekedar alat bermain, melainkan juga merupakan media kreatifitas untuk anak, baik dilakukan secara bersama ataupun sendiri. Misalnya mainan anak lego. Mainan ini cocok untuk mengembangkan sisi kreatif anak-anak.

#6. Non-violence.  Mainan anak yang edukatif harus bebas dari replika alat kekerasan. Seperti pedang-pedangan, pistol-pistolan, senapan, dan lain-lain. Walaupun mungkin mainan tersebut lebih disukai oleh anak-anak. Replika alat-alat kekerasan bisa menjauhkan anak dari nilai-nilai kasih sayang.

Baca juga : Tips Memilih Baby Monitor Bagus Berkualitas

Itulah beberapa kriteria dan tips dalam memilih dan memberikan mainan edukatif untuk anak. Dengan memberikan mainan anak yang bagus dan tepat seorang anak akan tumbuh sehat baik secara fisik ataupun mental.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memilih Mainan Edukatif Yang Bagus Untuk Anak "

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *