10 Tips Menjaga Kesehatan Mata Secara Tepat

Tips menjaga kesehatan mata  

Mata adalah jendela hati. Mata merupakan indera utama untuk mengenal dunia dan seisinya. Menjaga kesehatan mata sangat dianjurkan bila kita menginginkan indera penglihatan kita sehat dan berfungsi dengan baik. Kita semua tentu menginginkan mata yang sehat, bukan ?

Tips menjaga kesehatan mata

Menjaga kesehatan mata perlu dilakukan sejak usia dini. Sebab, ada banyak keuntungan jika kita tahu cara merawat indera penglihatan ini dengan baik. Diantaranya, kita bisa meminimalkan terjadinya gangguan atau penyakit pada mata.  

Nah, berikut ini adalah 10 tips menjaga kesehatan mata yang berguna untuk kita semua.

#1. Periksa mata sejak usia dini 
Bila kita mempunyai catatan keluarga dengan penyakit mata, gula darah atau tekanan darah tinggi, maka kita sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Namun demikian, meski kita tidak mempunyai tanda atau gejala penyakit mata, kita tetap dianjurkan melakukan pemeriksaan penyakit bila umur sudah mencapai 40 tahun. Pemeriksaan ini merupakan langkah antisipasi.

#2. Ketahui catatan kesehatan keluarga
Penyakit bisa menyerang siapa saja, termasuk orang terdekat di keluarga kita. Jika kita mengetahui catatan kesehatan mata dari keluarga terdekat, maka itu akan sangat bermanfaat. Kita bisa mengkonsultasika catatan kesehatan tersebut dengan dokter untuk mengurangi resiko terkena penyakit mata ataupun kehilangan penglihatan.

#3. Memakai pelindung mata
Bekerja di sebuah proyek konstruksi, pabrik ataupun sekedar aktifitas olah raga bisa menyebabkan seseorang terkena cedera penglihatan. Kita bisa menghindari cedera tersebut dengan memakai pelindung mata yang tepat.

Perusahaan yang baik biasanya menyediakan peralatan keselamatan kerja bagi para karyawannya, termasuk pelindung mata.

#4. Intervensi awal
Intervensi awal sedini mungkin akan sangat membantu. Kenapa ? Sebab, penyakit mata sering terkait dengan pertambahan usia seseorang. Misalnya katarak, glaucoma, diabetic retinopathy, dan AMD (age-related macula degeneration ).

Gangguan mata yang serius seperti glaucoma dan AMD, akan lebih mudah diobati jika didiagnosis sejak dini. Jika terlambat, akan beresiko kehilangan penglihatan dan bahkan kebutaan.

#5. Mengetahui penyedia perawatan mata
Jika kita aware dengan kesehatan mata kita, maka kita harus mengetahui kemana tempat perawatannya yang baik. Dalam hal ini dokter spesialis dan ahli optik berperan penting dalam memberikan pelayanan perawatan mata. Mereka masing-masing memiliki ilmu dan keahlian yang spesifik.

#6. Ikuti petunjuk penggunaan lensa mata
Jika kita menggunakan lensa kontak (contact lens), maka kita harus mengikuti petunjuk penggunaan lensa tersebut. Sejumlah orang sering tidak mengikuti petunjuk perawatan dan penggunaan lensa kontak.

Misalnya, tidur malam dengan memakai lensa mata, menggunakan air liur atau air biasa sebagai larutan pembasah, atau malah memakai cairan kadaluwarsa.

#7. Menghindari kelelahan mata
Seperti organ tubuh lainnya, mata juga bisa mengalami kelelahan. Misalnya jika kita terlalu lama bekerja di depan layar monitor atau pekerjaan lain seperti menulis, menggambar dan lain-lain.

Jika mengalami mata lelah, coba ikuti jurus 20 – 20 – 20. Maksudnya, setiap 20 menit bekerja di depan komputer sebaiknya beristirahat paling tidak 20 detik dengan melihat benda atau objek yang jaraknya 20 kaki (6 meter).

Saya pribadi memakai jurus 60 – 10, maksudnya setiap 60 menit bekerja di depan computer, istirahat 10 menit dengan beranjak dari tempat duduk. Jalan sebentar melihat hal lain, lalu balik lagi.

Kelelahan mata yang terus-menerus bisa berakibat sindrom mata kering dan presbiopia atau proses kehilangan fokus penglihatan pada objek dekat.

#8. Menggunakan kacamata hitam
Memakai kacamata hitam selain alasan gaya dan fesyen, juga dapat membendung paparan sinar ultraviolet hingga 100 persen. Dengan begitu kacamata hitam bisa menghambat pertumbuhan katarak. Kenapa ? Sebab, kacamata hitam bisa melindungi indera penglihatan dari sinar matahari secara langsung yang dapat merusak retina.

Kegunaan lain kacamata hitam adalah melindungi kulit kelopak mata, mengurangi resiko keriput serta kanker kulit di sekitar mata.

#9. Mengkonsumsi makanan bergizi 
Fungsi retina bisa rusak bila tubuh kita kekurangan vitamin atau mineral. Karena itu konsumsilah makanan yang bergizi. Sayuran seperti wortel diyakini dapat membantu menjaga kesehatan mata. Demikian pula sayuran lain, terutama sayuran hijau, sangat berguna bagi kesehatan mata.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan dengan kadar vitamin C, vitamin E, seng, lutein, zeaxanthin dan asam lemak omega 3 DHA dan EPA cenderung memiliki resiko rendah terkena AMD.

#10. Stop merokok
Tembakau sangat berdampak buruk bagi kesehatan mata, terutama degenerasi makula mata yang berkaitan dengan usia atau AMD (age-related macula degeneration). AMD bisa diartikan kerusakan makula (saraf di mata) berupa menurunnya kerapatan pigmen yang berperan menyaring cahaya yang masuk ke mata. Akibatnya, penderita AMD tidak bisa melihat dengan jelas.

Riset menunjukkan bahwa perokok dan mantan perokok lebih rentan terkena AMD dibandingkan mereka yang bukan perokok. Perokok juga mempunyai resiko untuk terkena katarak.

Simak juga : 9 Kelainan Pada Mata dan Cara Mengatasinya

Akhirnya, harus disadari bahwa, gangguan atau penyakit pada mata banyak yang berkaitan dengan perkembangan usia. Karena itu menjaga kesehatan mata sejak usia dini akan bermanfaat bagi indera penglihatan yang sehat saat tua nanti.

0 Response to "10 Tips Menjaga Kesehatan Mata Secara Tepat "

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *