5 Cara Memahami Label Obat

Cara memahami label obat

Dalam setiap kemasan obat biasanya terdapat label yang berisi petunjuk tentang cara menggunakan obat. Bila kita mendapatkan obat itu lewat resep dokter, beruntung kita bisa mendapatkan penjelasan yang memadai mengenai bagaimana cara minum atau menghabiskan obat tersebut.

Cara memahami label obat
Ilustrasi cara memahami label obat

Itu kalau kita mendapatkannya dengan resep dokter.

Nah kalo beli obat di warung bagaimana ? Meskipun hal ini tidak dianjurkan, namun karena satu dan lain hal bisa saja situasi ini terjadi pada kita. Dan kita terpaksa beli obat di warung terdekat. Dan biasanya ada saja keterangan pada kemasan yang mungkin kurang jelas bagi orang awam.

Jika itu terjadi, maka berikut adalah 5 cara memahami label obat yang tertera dalam kemasan. Yuk disimak.

#1. “Obat dapat menyebabkan rasa kantuk. Jangan mengendarai kendaraan bermotor atau menjalankan mesin setelah minum obat ini”

Peringatan ini digunakan biasanya untuk obat-obat yang menyebabkan rasa ngantuk atau memperlambat daya refleks seseorang. Misalnya obat untuk batuk dan pilek (antihistamin).

#2.“Simpan ditempat yang sejuk. Jangan terkena sinar matahari” atau “Simpan dikulkas. Jangan ditempat beku”

Sinar dan panas yang berlebihan akan merusak hampir semua obat. Begitupun pembekuan akan merusak obat-obatan. Yang terbaik adalah simpan obat ditempat yang sejuk.

#3.“Makan 1 jam sebelum atau 2 jam sesudah makan. Makan obat ini sampai habis atau habiskan”

Biasanya label peringatan ini digunakan pada obat antibiotik, karena obat antibiotik dapat diserap dengan baik dalam keadaan perut kosong.

Baca juga : Pengertian Antibiotik dan Antibiotik Alami

#4. “Jangan makan obat bersama susu atau obat-obatan yang mengandung zat besi”

Kalsium (dalam susu) dan obat-obatan yang mengandung zat besi dapat mempengaruhi daya serap obat tertentu seperti antibiotik dan obat jantung. Setelah lewat 2 jam susu dan obat-obat yang mengandung zat besi biasanya sudah boleh dimakan.

#5. “Buang obat setelah tanggal yang ditentukan. Atau buang obat setelah botol dibuka dan telah lewat dari tanggal yang ditentukan”

Obat-obatan yang sering terpapar udara dan cahaya akan cepat rusak. Diluar batas jangka waktu tertentu khasiatnya akan hilang. Oleh karena itu harus cepat dibuang bila telah expired.

Demikianlah uraian singkat tentang cara memahami label obat, semoga bermanfaat dan makin menambah wawasan kita sehingga kita dapat mengkonsumsi obat dengan baik dan benar.

0 Response to "5 Cara Memahami Label Obat"

Posting Komentar

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Jangan menaruh LINK dalam komentar. ataupun komentar SPAM

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *