11 Makanan Yang Dianjurkan Agar Cepat Hamil

Makanan yang dianjurkan agar cepat hamil

Tingkat kesuburan pasangan suami isteri banyak penyebabnya. Salah satu diantara banyak faktor yang mempengaruhi tingkat kesuburan suami-istri adalah faktor pola makan. Standard American Diet (SAD) menyatakan bahwa 30 persen ketidaksuburan (infertility)  terjadi akibat pola makan yang tidak sehat, pola makan tinggi lemak, pola makan tinggi gula namun rendah asupan nutrisi lain. Release dari SAD itu berarti bahwa, makanan mempunyai peranan penting bagi tingkat kesuburan suami-istri.

Makanan agar cepat hamil
Bila pasangan suami- istri merencanakan untuk segera hamil dan mendapatkan keturunan, pertama-tama mereka perlu memeriksakan terlebih dulu mengenai kondisi kesuburan mereka ke dokter. Jika menurut dokter tidak ada masalah dengan kesuburan, namun istri belum menunjukkan tanda-tanda hamil, mungkin beberapa makanan di bawah ini bisa dipertimbangkan untuk meningkatkan kondisi kesuburan suami-istri.

11 Jenis makanan agar cepat hamil

#1. Susu atau produk turunannya
Pasangan suami-istri yang ingin segera hamil dianjurkan memperbanyak konsumsi susu maupun produk turunannya, seperti yogurt ataupun keju. Susu, yogurt dan keju merupakan sumber protein tinggi yang dapat menambah kesuburan. Bagi yang tidak suka susu sapi, dapat diganti dengan susu kedelai yang juga mengandung protein tinggi.

#2. Kacang hijau dan kecambah
Kacang hijau dan kecambah sangat baik untuk pasangan suami-istri. Kacang hijau mengandung banyak vitamin E yang mampu meningkatkan kesuburan. Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel, khususnya sel telur, dari radikal bebas. Sedangkan kecambah mengandung vitamin B6 yang merupakan nutrisi untuk mengatur hormon reproduksi.

Endocrine Society's Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism merilis sebuah studi menarik tentang manfaat kedelai bagi wanita yang menjalankan program hamil (promil). Mereka menguji 239 wanita berusia antara 18 hingga 45 tahun yang sedang menjalankan program persiapan kehamilan. Dalam uji tersebut, peneliti memeriksa kaitan antara gizi yang dikonsumsi dengan kandungan BPA dalam tubuh.

Dalam studi tersebut, 176 diantaranya rajin mengkonsumsi bahan makanan berbahan dasar kedelai. Hasilnya, setelah menjalani tes urine, perempuan yang malas mengkonsumsi kedelai lebih banyak menunjukkan paparan BPA di dalam tubuhnya

Padahal, BPA (Bisphenol A) dapat menjadi penghambat hormon bagi perempuan yang sedang menjalankan program kehamilan.

#3. Alpukat
Alpukat banyak mengandung vitamin B6 yang berguna meningkatkan produksi hormon pria dan mengandung potassium yang berguna mengatur tiroid wanita. Alpukat juga mengandung betakaroten, klorofil, vitamin E, B kompleks dan asam folat yang membantu kelancaran metabolisme protein sehingga dapat menaikan energi di dalam tubuh.

#4. Minum madu
Madu merupakan obat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Zat yang terkandung di dalamnya sangat mudah untuk dicerna dalam darah sehat. Fitalitas tubuh kita menjadi kuat bila sel-sel darah yang ada dalam tubuh kita sehat.

#5. Asparagus
Asparagus mengandung asam amino asparagines. Zat ini berfungsi untuk merangsang ginjal dan membuang sisa metabolisme dalam tubuh. Asparagus juga mempunyai zat lain yang berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi dalam darah dan dapat membantu untuk melepaskan lemak yang berada di dinding pembuluh darah, oleh karena itu dapat meningkatkan kesuburan pria.

#6. Tiram laut
Tiram laut banyak mengandung Zing atau zat seng yang diperkaya dengan L-carnitine dan L-arginine. Oleh sebab itu tiram dapat meningkatakn kualitas dan produksi sperma, sehinga volume ejakulasi menjadi meningkat.

#7. Mengkonsumsi makanan berserat
Serat yang banyak terdapat dalam sayuran dan gandum akan baik bagi peningkatan kesuburan anda.

#8. Buah kurma
Bentuk serbuk kurma yang sangat mirip dengan cairan sperma laki-laki dan dipercaya banyak kalangan memiliki manfaat yang sangat besar untuk mengatasi tingkat kemandulan baik pada laki-laki maupun perempuan. Serbuk kurma ini merupakan salah satu obat alternatif yang sangat aman untuk membantu mengatasi pasangan suami isteri yang belum juga dikaruniai keturunan.

#9. Ginseng
Ginseng dapat memperbaiki fungsi hormon metabolisme tubuh. Hormon testoteron juga dapat dibentuk oleh ginseng yang diminum, sehingga dapat digunakan sebagai afrodisiak.

#10. Minum jahe dan lengkuas
Sineol merupakan zat yang terkandung di dalam jahe. Zat ini berfungsi sebagai pencegah ejakulasi dini, merangsang ereksi dan melancarkan peredaran darah. Demikian juga dengan lengkuas yang memiliki fungsi sama dengan jahe.

#11. Mengkonsumsi Vitamin D
Kekurangan vitamin D yang diujicobakan dalam hewan percobaan ternyata dapat menurunkan tingkat kesuburan hingga 75%, dan hal ini jika diaplikasikan terhadap manusi tentulah hasilnya juga tidak akan jauh berbeda. Vitamin D berperan penting dalam metabolisme kalsium di jaringan reproduksi. Sebaiknya konsumsi vitamin D sebanyak 4000 iu perhari. VItamin D ini dapat kita dapatkan melalui sinar matahari pagi, telur, minyak ikan, ikan tuna atau salmon dan susu yang diperkaya vitamin D.

Makanan yang perlu dihindari agar cepat hamil

Selain beberapa jenis makanan yang dianjurkan agar cepat hamil seperti diatas, ada pula jenis makanan yang sebaiknya dihindari. Nah, beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh calon ibu hamil, di antaranya adalah :

#1. Makanan yang mengandung merkuri. Makanan yang mengandung merkuri bisa menyebabkan bayi cacat dan autis. Biasanyat terdapat pada beberapa jenis ikan, terutama yang berukuran besar seperti hiu, mackerel, dan ikan marlin.

#2. Makanan olahan seperti junk food dan fast food lainnya, karena hampir tidak ada zat gizi yang berguna bagi calon janin

#3. Jenis makanan berpengawet seperti makanan kaleng, sarden

#4. Minuman berkafein tinggi misalnya kopi

Selain itu hindari juga hal lain yang menurunkan kualitas sperma misalnya rokok dan alkohol. Rokok dan alkohol bisa menurunkan kualitas sperma, sehingga sperma tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan mempengaruhi kemampuannya mencapai sel telur.

Simak juga : 5 Makanan Lokal Nabati Dengan Vitamin B Paling Banyak

Mengkonsumsi makanan yang dianjurkan ataupun menghindari beberapa jenis makanan seperti uraian diatas adalah bagian dari usaha agar terjadi kehamilan. Sebagai manusia, kita hanya bisa berdoa dan berusaha dengan sebaik-baiknya tanpa mengenal putus asa. Selebihnya, kita serahkan semuanya kepada Allah Swt, Tuhan Yang Maha Kuasa.

0 Response to "11 Makanan Yang Dianjurkan Agar Cepat Hamil"

Posting Komentar

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Jangan menaruh LINK dalam komentar. ataupun komentar SPAM

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *