Penyebab dan Cara Mengatasi Stress Pekerjaan

Penyebab dan cara mengatasi stress  

Sekarang ini stress sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern. Dan itu bisa terjadi di manapun. Beban pekerjaan yang menumpuk dan waktu pengerjaan yang sempit, membuat kita seperti dikejar deadline setiap hari. Sangat tidak mudah jika harus menghadapi situasi seperti itu terus-menerus.

Penyebab dan cara mengatasi stress pekerjaan

Bekerja sebagai karyawan harus siap dengan segala konsekuensinya. Termasuk stress. Perusahaan akan selalu menuntut karyawan memberikan hasil kerja terbaik. Perusahaan tidak mentolerir kerja yang buruk. Padahal karyawan hanyalah manusia biasa yang tidak lepas dari berbagai masalah.

Masalah yang makin menumpuk jika tidak segera diatasi akan mengganggu pekerjaan sebagai karyawan. Misalnya kehilangan semangat dan gairah dalam bekerja. Akhirnya pekerjaan pun terganggu, menumpuk, lalu stress. Ujung-ujungnya akan mengganggu kesehatan.

Penyebab stress 

Secara umum penyebab stress ada tiga macam. Eksternal, internal dan situasional.

Penyebab eksternal bisa berupa kejadian traumatik seperti meninggalnya anggota keluarga, perceraian, pemutusan hubungan kerja (PHK), tidak lulus ujian, diputus pacar dan lain-lain. Penyebab eksternal juga bisa berupa kejadian sehari-hari yang berulang terus. Seperti beban ekonomi, beban pekerjaan, kemacetan, hubungan yang tidak harmonis dengan tetanggga atau teman dll.

Penyebab stress secara internal misalnya : orang yang menuntut dirinya tampil sempurna, selalu ingin diatas orang lain, menyukai kompetisi dll. Penyebab stress yang seperti ini biasanya ada pada orang yang ambisius, cita-cita terlalu tinggi, perfeksionis dll.

Penyebab stress situasional. Contohnya bila kita diperlakukan diskriminatif atau penuh syak wasangka karena ”alasan perbedaan” dari dalam diri kita, misalnya : suku, agama, ras, antar golongan, jenis kelamin, kelas sosial, dll, maka kita dapat merasa tertekan dan mengalami kesulitan untuk dapat beradaptasi atau bekerja secara baik.

Kita tak bisa lari menghindar dari stress. Tapi hidup dengan stress setiap hari bukan hal yang ideal. Itulah mengapa kita perlu mengetahui cara mengatasi stress dengan sebaik-baiknya, termasuk stress pekerjaan.

Cara mengatasi stress pekerjaan

Berikut adalah cara mengatasi stress akibat pekerjaan menumpuk dan membebani kita sampai dikejar deadline :

• Atur waktu kerja sebaik mungkin. Perencanaan waktu yang tepat dan baik sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya. Putuskan apa yang harus dikerjakan lebih dulu.

• Susunlah apa yang harus dikerjakan sesuai dengan prioritas kepentingannya. Misalnya A (sangat penting), B (kurang penting), C (tidak penting) dll. Kerjakan yang sangat penting lebih dulu dan ikuti jadwal yang sudah anda buat.

• Selesaikan dahulu satu pekerjaan sebelum pindah memulai tugas yang lain.

• Usahakan semua pekerjaan selesai tepat pada waktunya, jangan mengulur waktu. Jika memungkinkan usahakan pekerjaan dapat selesai dalam waktu yang lebih singkat.

Yang perlu diperhatikan dalam mengatasi stress 

• Pikirkan hal-hal penting yang mungkin dapat mempengaruhi atau mengganggu keputusan Anda.

• Pertimbangkan dengan seksama kelebihan dan kekurangan dari faktor-faktor yang di ambil untuk membuat keputusan tersebut.

• Pikirkan secara logis berdasarkan kenyataan, jangan terlalu dipengaruhi perasaan. Temukan penyebab perasaan negatif dan belajar untuk menanggulanginya.

• Pikirkan dengan tenang. Buat keputusan dengan hati-hati. Pertimbangkan dengan masak-masak sebelum mengambil keputusan.

• Jangan takut untuk bertanya atau berkonsultasi bila perlu. Biarkan orang lain ikut memikirkan masalah Anda. Ceritakan kepada pasangan hidup atau teman kerja. Mereka mungkin bisa membantu meletakkan masalah sesuai dengan proporsinya.

• Musyawarahkan segala sesuatu dengan semua pihak yang bersangkutan supaya semua pihak mengerti dengan jelas, mengapa keputusan tersebut diambil dan mempunyai rasa tanggung jawab bersama.

• Jangan terlalu asik dengan pekerjaan. Luangkan waktu untuk rekreasi.

Akhirnya “secangkir” stress tetap ada gunanya untuk memotivasi kita agar menjadi lebih baik. Yang penting kita tau cara mengatasinya.

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Stress Pekerjaan "

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *