6 Tips Menghindari Penyakit Tulang Belakang, Praktis dan Mudah Dicoba

Tips menghindari penyakit tulang belakang 

Ruas tulang punggung atau tulang belakang merupakan salah satu bagian tubuh kita yang sangat vital. Karena itu menjaga kesehatan ruas tulang ini menjadi sangat penting agar kita terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang tulang belakang.

Penyakit tulang belakang - punggung

Macam-macam penyakit tulang belakang diantaranya : stenosis, ankylosing spondylitis, kifosis, skoliosis, lordosis dll. Nah, apa yang harus dilakukan agar terhindar dari penyakit tersebut ?

Dibawah ini adalah 6 tips praktis agar kita terhindar dari penyakit tulang punggung.

#1. Posisi duduk yang benar

Posisi duduk yang benar dan cara bagaimana seseorang duduk berperan besar bagi kesehatan tulang belakang. Untuk itu pergunakan tipe kursi yang keras dan posisikan tulang belakang Anda secara lurus pada sandaran kursi. Coba usahakan salah satu atau kedua lutut Anda lebih tinggi dari pinggul Anda.

#2. Posisi tidur yang benar

Tahukah Anda bahwa kebiasaan kita tidur juga mempengaruhi kesehatan tulang belakang ? Jadi kalau kita salah dalam posisi tidur alangkah ruginya. Bayangkan rata-rata orang tidur 8 jam dalam sehari semalam.

Nah tentang cara tidur yang benar adalah gunakan kasur yang tidak terlalu empuk (agak keras). Jangan tidur telungkup. Jika posisi tidur Anda miring, bengkokan kaki Anda pada bagian lutut dan pinggul.

#3. Posisi berdiri

Apakah Anda termasuk yang sering melakukan aktifitas dengan berdiri ? Bila jawabannya ya, coba berdiri dengan bagian bawah belakang Anda lurus. Jika Anda berdiri untuk jangka waktu yang lama, gunakan sandaran kaki, jangan pakai sepatu yang datar. Cara berdiri yang benar akan membantu Anda agar terhindar dari penyakit tulang belakang.

#4. Cara mengangkat barang

Menangkat barang juga jangan sampai salah posisi. Cara yang benar adalah tekuk pinggul dan lutut, dan bukan membungkukkan punggung Anda. Usahakan barang yang akan diangkat sedekat mungkin dengan tubuh. Jangan mengangkat barang yang berat diatas pinggang Anda.

#5. Menyetir mobil dengan benar

Gunakan kursi yang keras. Duduklah pada posisi yang baik dan jarak yang cukup supaya kaki Anda dapat mencapai pedal mobil Anda dengan mudah.

#6. Berolahraga yang benar

Setelah sembuh dari sakit, berolah-raga lah secara teratur supaya otot-otot tidak kaku. Tetapi lakukan pemanasan (warming up) dan lemaskan sebelum melakukan latihan yang berat.

Itulah 6 tips praktis agar kita semua terhindar dari penyakit tulang belakang / punggung. Selamat mempraktekan !

0 Response to "6 Tips Menghindari Penyakit Tulang Belakang, Praktis dan Mudah Dicoba"

Posting Komentar

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Jangan menaruh LINK dalam komentar. ataupun komentar SPAM

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *