Begini Cara Membedakan Bakso Sapi dan Bakso Babi

Perbedaan bakso sapi dan bakso babi

Siapa diantara kita yang belum pernah makan bakso ? Hmm.., rasanya kita semua pernah makan bakso. Entah di rumah, entah di sekolah, entah di perjalanan. Tapi pernahkah kita bertanya dalam hati, “Ini bakso apaan ya ? Kok baksonya empuk banget ? Halal enggak ya ? Enak sih tapi .., jangan-jangan bakso babi”, misalnya seperti itu.

Perbedaan bakso sapi dan bakso babi

Jika ada sedikit kekhawatiran seperti diatas, maka kita harus berhati-hati. Dalam arti jangan sungkan untuk bertanya pada penjual dan memastikan kehalalan bakso yang kita makan.

Di Indonesia yang penduduknya mayoritas muslim, bola bakso kebanyakan dibuat dari daging sapi, ayam atau ikan, dan bukan babi. Namun agar tidak terkecoh dengan jawaban penjual ada baiknya kita tetap bersikap kritis, dan perlu mengetahui apa perbedaan antara bakso sapi dan bakso babi.

Aisha Maharanie, seorang pendiri Halal Corner, lewat akun twitter-nya @AishaMaharanie, membagikan tips praktis seputar bagaimana cara membedakan bakso babi dengan bakso sapi.

7 cara membedakan bakso sapi dan bakso babi :

#1. Istilah bakso berasal dari suku kata “bak” dan “so”, yang dalam bahasa Cina Hokkie berarti daging babi giling (bak artinya = babi).

Baca juga : Tips Menghindari Yang Haram Dengan Mengenali Istilah Babi Pada Makanan Kemasan

#2. Daging babi lebih banyak mengandung lemak dari pada sapi, sehingga baunya lebih tajam. Sebaiknya cium aroma daging bakso sebelum memakannya.

#3. Bakso babi teksturnya lebih halus, lembut dan berlemak. Sedangkan bakso sapi cenderung berurat, kesat dan nyaris tanpa lemak.

#4. Karena teksturnya lembut, maka bakso babi cenderung dibuat ukurannya lebih besar dari bakso sapi.

#5. Dari segi warna, bakso sapi dan bakso babi tidak beda jauh. Tapi jika bakso diiris, warna bakso sapi merah kecoklatan, sedangkan bakso babi terlihat lebih pucat.

#6. Harga bakso sapi biasanya lebih mahal, harga bakso babi lebih murah.

#7. Jika harga bakso sapi sangat murah boleh jadi ada campuran babi atau kandungan tepung kanjinya lebih banyak.

Beli bakso yang bersertifikat halal di Bogor

Sertifikat halal MUI bukan hanya untuk makanan kemasan saja. Tapi juga untuk yang lain seperti kosmetik, restoran dan warung makan. Jika Anda pecinta bakso dan tinggal di Bogor, atau wisatawan yang sedang piknik ke kota Bogor, maka ada beberapa warung bakso yang sudah memiliki sertifikat halal MUI dan recommended untuk dicoba. Misalnya bakso Seuseupan dan bakso Sidomampir. (Maaf ya, ini bukan iklan he he ...)

Makan bakso di kota yang banyak hujan seperti Bogor memang nikmat. Apalagi jika dilakukan sambil menatap asrinya kebun raya di kejauhan. Tapi, jangan sampai kenikmatan itu kehilangan barokahnya gara-gara tidak dapat membedakan antara bakso sapi dan bakso babi.

Semoga Allah Swt senantiasa mendekatkan kita pada makanan yang halal, dan menjauhkan kita dari makanan yang diharamkan.

0 Response to "Begini Cara Membedakan Bakso Sapi dan Bakso Babi"

Posting Komentar

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Jangan menaruh LINK dalam komentar. ataupun komentar SPAM

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *