7 Macam Air Minum Kemasan, Yang Suka Beli Wajib Baca

Macam-macam air minum kemasan  

Air adalah sumber kehidupan. Kita perlu mengkonsumsi air minum dalam jumlah tertentu untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehari-hari. Salah satunya melalui air minum dalam kemasan.

Air minum kemasan yang sering kita beli di toko, super market atau dalam perjalanan, ternyata tidaklah sama. Air minum kemasan adalah pilihan yang mudah dan murah untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh di mana pun kita berada.

Macam-macam air minum kemasan

Botol air minum kemasan yang ada di pasaran biasanya mirip-mirip (lihat gambar botol air minum kemasan diatas). Namun tidak jarang air minum kemasan punya rasa yang berbeda satu sama lainnya. Bahkan sebuah iklan air minum kemasan di televisi secara jelas menonjolkan rasanya yang “seperti ada manis-manisnya”.

Perbedaan dalam rasa air minum kemasan itu dipengaruhi oleh perbedaan sumber dan proses pengolahan air sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam kemasan. Bukan cuma rasanya yang berbeda, tapi juga kandungan air minum-nya.

Menurut Food And Drug Administration (FDA), semacam lembaga BPOM di Amerika, air minum kemasan dibedakan menjadi 7 macam, yaitu:

#1. Spring Water
Spring water adalah air yang berasal dari formasi bawah tanah, dimana air mengalir secara alami ke permukaan bumi. Untuk dikelompokan sebagai spring water, air harus didapatkan saat musim semi.

Spring water dianggap air yang paling murni, bebas dari berbagai macam zat kimia maupun unsur berbahaya. Spring water ini diperkaya oleh kandungan mineral dari bebatuan yang dilalui aliran air, yang bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh.

#2. Purified Water
Air minum kemasan jenis ini telah melalui beberapa proses, seperti distilasi, deionisasi atau metode penyaringan osmosis terbalik. Proses tersebut menghilangkan bakteri dan bahan yang terlarut di dalam air, sehingga air menjadi murni. Biasanya, purified water diberi label “air minum yang dimurnikan”, “air minum osmosis terbaik” atau “air minum terdistilasi”.

#3. Mineral Water
Air mineral (mineral water) adalah air yang memiliki kandungan mineral, baik itu secara alami maupun buatan. Mineral water juga mengandung mineral dan zat kimia yang didapat dari bebatuan saat proses air mengalir secara alami.

#4. Sparkling Water
Sparkling water mengandung karbon dioksida, yang membuatnya menjadi bersoda (berkarbonasi) tanpa adanya kalori. Air jenis ini biasanya diberi label “sparkling drinking water”, “sparkling mineral water” atau “sparkling spring water”.

#5. Artesian Water / Artesian Well Water
Ini adalah air yang berasal dari bawah lapisan bebatuan dalam tanah. Artesian well water biasanya dialirkan melalui sumur bor.

#6. Well Water
Air jenis ini jelas berasal dari lubang yang dibuat dengan sengaja di dalam tanah.

#7. Municipal / Tap Water
Air minum kemasan jenis ini berasal dari keran di rumah atau kantor. Municipal atau tap water hanya ada di beberapa negara di dunia. Indonesia tidak termasuk salah satunya.

Itulah 7 jenis air minum kemasan yang perlu kita ketahui. Agar mendapatkan air minum kemasan yang terbaik dan sesuai, jangan lupa untuk selalu mencari logo atau label izin dari BPOM sebelum membeli air kemasan. Perhatikan juga kandungan yang ada di dalam air tersebut.

0 Response to "7 Macam Air Minum Kemasan, Yang Suka Beli Wajib Baca "

Posting Komentar

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Jangan menaruh LINK dalam komentar. ataupun komentar SPAM

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *