3 Faktor Yang Mempengaruhi Kecerdasan Anak

Setiap orang tua pasti ingin anak yang pintar dan cerdas. Memiliki anak yang cerdas adalah idaman kita semua. Tapi taukah, bahwa kecerdasan anak atau manusia pada umumnya dipengaruhi oleh 3 faktor ? Yaitu faktor keturunan atau genetik, faktor gizi, dan faktor lingkungan.

Faktor yang mempengaruhi kecerdasan anak

Berikut penjelasan lebih rinci 3 faktor yang mempengaruhi kecerdasan anak tersebut :

#1. Faktor keturunan

Faktor keturunan (genetic) punya pengaruh besar bagi kecerdasan anak. Kecerdasan itu diturunkan melalui gen-gen dalam kromosom. Misalnya, bila orang tuanya cerdas, kelak anaknya ada juga yang cerdas. Atau bila orang tuanya atlet, maka ada saja salah satu anaknya kelak jago olah raga dan lain-lain.

Nah di luar negeri ada yang namanya bank sperma. Pendonornya terdiri dari laki-laki jenius dan ahli di bidangnya masing-masing. Tujuannya yaitu agar wanita pemakai jasa bank sperma itu kelak memiliki anak atau keturunan yang cerdas dan ahli di bidang tertentu. Yah … begitulah luar negeri.

#2. Faktor gizi 

Gizi yang baik sangat berperan dalam pertumbuhan sel-sel otak, terutama pada saat ibu hamil, menyusui dan saat bayi masih kecil. Itulah saat dimana sel-sel otak tumbuh dengan pesat.

Kekurangan gizi pada saat tersebut akan berakibat berkurangnya jumlah sel otak dari normal.  Jika itu terjadi maka akan mempengaruhi daya kerja otak di kemudian hari.

#3. Faktor lingkungan 

Lingkungan yang baik adalah lingkungan yang kondusif dan mendukung kebutuhan mental bagi anak. Yang dimaksud dengan kebutuhan mental adalah kebutuhan akan kasih sayang, rasa aman, pengertian, perhatian, penghargaan, dan rangsangan intelektual.

Bayi dan balita yang ada di panti asuhan, yang minim rangsangan intelektual di masa kecil, rentan terhambat perkembangan kecerdasan mereka.

Selain itu ada juga hal yang dapat menghambat kecerdasan anak. Misalnya kerusakan organ biologis, lingkungan social, dan penyebab lainnya

Akhirnya, setiap anak punya kecerdasannya masing-masing. Bila seorang anak tidak menonjol dalam satu hal, boleh jadi ia memiliki bakat lain. Tidak ada yang tau kelak ia akan menjadi ekonom, musisi, fisikawan atau atlet dll. Tugas orang tua adalah untuk “menemukan” kecerdasan dan bakat anak tersebut.

0 Response to "3 Faktor Yang Mempengaruhi Kecerdasan Anak"

Posting Komentar

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Jangan menaruh LINK dalam komentar. ataupun komentar SPAM

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *