Makanan Yang Baik Untuk Penderita Osteoporosis

Makanan untuk penderita osteoporosis 

Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit osteoporosis (pengeroposan tulang). Nah pertanyaannya, apa saja makanan yang mengandung kalsium itu ?

Makanan yang baik untuk penderita osteoporosis

Sebelumnya perlu dipahami bahwa, penyebab penyakit osteoporosis  atau pengeroposan tulang adalah karena berkurangnya massa tulang akibat minimnya pemanfaatan kalsium oleh tubuh. Sehingga tulang menjadi rapuh, kurang padat, dan mudah patah. Biasanya pengeroposan tulang terjadi pada tulang belakang, pinggul dan pergelangan tangan.

Sekitar 80 persen penyakit osteoporosis muncul karena faktor keturunan (genetic).  Sedangkan 20 persen sisanya akibat pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Karena itu, mengontrol pola makan serta menerapkan gaya hidup sehat itu penting. Selain itu juga perlu mengetahui mana makanan yang cocok untuk penderita osteoporosis dan mana yang tidak.

Cara menghindari penyakit osteoporosis

Osteoporosis sering disebut sebagai the silent killer. Penyakit ini adalah pembunuh nomor tiga setelah jantung dan kanker. Osteoporosis bukan penyakit langka, ia dapat menyerang siapa saja.

Cara menghindari penyakit osteoporosis adalah dengan memaksimalkan pembentukan massa tulang saat usia muda. Asupan kalsium pada usia anak-anak dan remaja, akan berpengaruh kelak saat manula. Apakah kelak ia punya daya tahan ataukah rentan terhadap penyakit osteoporosis itu.

Bagi remaja yang sedang tumbuh (usia 11 – 24 tahun) sangat dianjurkan mengkonsumsi kalsium 1200 miligram per hari. Selain itu minum susu dan sumber kalsium lainnya perlu terus dipertahankan hingga dewasa.

Makanan yang mengandung kalsium

Mineral terbesar yang diperlukan oleh tubuh adalah kalsium. Kalsium dan fosfor secara bersamaan berperan sangat besar dalam membentuk dan memelihara tulang dan gigi.

Lebih dari 99 persen kalsium tubuh ada di dalam tulang dan gigi. Karena itulah kalsium sangat dibutuhkan untuk perkembangan bayi dan anak-anak.

Manfaat kalsium diantaranya adalah memulihkan tekanan darah pada penderita yang sensitif terhadap garam, mengurangi kekejangan kaki, terutama pada wanita yang sedang hamil. Selain itu, menjaga stabilitas tekanan darah selama kehamilan, serta membantu mengentalkan darah dan menyembuhkan luka.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi pada masa anak-anak  ibarat menabung kalsium. Sehingga tubuh punya banyak cadangan kalsium yang berguna untuk pembentukan massa tulang yang lebih baik pada masa dewasa. Pertambahan massa tulang yang baik, sangat penting agar tulang tidak mudah patah pada lansia.

Sebaliknya, konsumsi kalsium yang minim pada masa pertumbuhan akan mengakibatkan tulang menjadi lemah dan rapuh seiring dengan meningkatnya usia. Apalagi pada wanita yang memasuki masa menopause. Gangguan semacam itu dikenal sebagai keropos tulang pasca menopause (osteoporosis post menopausal).

Menghindari penyakit osteoporosis dapat dilakukan sejak remaja dengan konsumsi kalsium yang cukup, olahraga teratur, dan mengubah pola makan. Kebutuhan kalsium per hari sebisa mungkin dipenuhi dari bahan-bahan makanan yang baik kualitasnya, yaitu mudah dicerna, diserap, dan digunakan oleh tubuh.

Bahan pangan yang banyak mengandung kalsium adalah susu, biji-bijian, kacang-kacangan, kelapa, sayur-sayuran berdaun hijau, rumput laut, ikan (terutama ikan kecil yang dimakan bersama tulangnya, misalnya ikan teri), dan buah-buahan.

Makanan yang baik untuk penderita osteoporosis

Dibawah ini beberapa makanan yang yang baik untuk penderita osteoporosis karena mengandung kalsium tinggi :

#1. Ikan : teri kering, rebon basah, teri segar, sarden kalengan, mackerel

#2. Sayuran : daun papaya, daun talas, sawi atau caisim, brokoli

#3. Kacang-kacangan dan hasil olahannya : susu kedelai, tempe, tahu, kacang hijau kering, kacang merah kering

#4. Serealia : jali dan havermut

Makanan yang tidak baik / perlu dihindari oleh penderita osteoporosis

Makanan yang dapat menghambat penyerapan kalsium seperti minuman berkafein (kopi atau teh) sebaiknya dihindari. Demikian pula makanan yang dapat membuang kalsium misalnya daging merah.

Penderita osteoporosis juga perlu menghentikan kebiasaan merokok dan minum-minuman beralkohol.

Beberapa obat-obatan tertentu juga dapat menghambat penyerapan kalsium. Bila terpaksa harus minum obat jenis ini, maka konsumsi kalsium harus ditingkatkan.

Baca juga : 10 Penyebab Penyakit Osteoporosis

Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan informasi lebih jauh tentang apa saja makanan yang baik dan diperlukan atau pun sebaliknya yang perlu dihindari.

0 Response to "Makanan Yang Baik Untuk Penderita Osteoporosis "

Posting Komentar

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Jangan menaruh LINK dalam komentar. ataupun komentar SPAM

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *