Perbedaan Antara Kronis dan Akut

Dalam istilah medis, orang sering bingung membedakan antara kondisi 'kronis' dan 'akut'. Istilah 'kronis' mengacu pada penyakit-penyakit yang bersifat kondisional dan berlangsung lama bahkan bertahun-tahun. Sedangkan 'akut' mengacu pada kondisi sakit yang sangat parah, mendadak dan terjadinya dalam waktu singkat.

Perbedaan antara kronis dan akut

Perbedaan antara kronis dan akut

#1. Penyakit yang bersifat kronis tidak menunjukkan gejala apa-apa pada tahap awal. Jadi, orang sering tidak sadar akan penyakit ini. Ini adalah jenis penyakit yang terjadi secara lambat dan bertahap, yang merusak fungsi tubuh dari dalam dan mempengaruhi rutinitas.

Yang paling merugikan dari penyakit kronis adalah jika sudah terjadi, maka tidak mudah untuk disembuhkan. Seringkali penyakit ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama, mungkin juga seumur hidup.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan penyakit 'kronis' sebagai, “the non-communicable conditions to be by far the leading cause of mortality in the world, representing 35 million deaths in 2005 and over 60% of all deaths”. Saat ini, ini penyakit kronis merupakan penyebab utama meningkatnya angka kematian, terutama di kalangan orang dewasa dan anak muda.

Contoh penyakit kronis yang paling umum misalnya : osteoporosis, HIV / AIDS, artritis, asma, kanker, PPOK, dan diabetes. Ini adalah penyakit-penyakit yang disebabkan oleh banyak faktor dan masalah.

#2. Penyakit yang akut sifatnya terjadi secara cepat, yang berlangsung dalam jangka waktu singkat. Dalam konteks medis, istilah 'akut' umumnya digunakan untuk merujuk pada fase cedera akut, mengacu pada proses penyembuhan yang cepat paska cedera.

Kata 'akut' juga mengacu pada kondisi luka yang sangat parah, tapi bisa disembuhkan dalam waktu yang lebih singkat. Namun, tidak semua luka parah itu akut.

Kondisi akut jika tidak sembuh pada waktu yang tepat, dapat menimbulkan bentuk penyakit yang lebih rumit.

Contoh penyakit akut : Flu Biasa, Flu, Infeksi, Campak, Cacar Air, Serangan Jantung, patah tulang dll.

Perbedaan kronis dan akut lainnya, penyakit akut biasanya akan diisolasi hanya pada satu bagian area tubuh. Sedangkan penyakit kronis, tahap awal tidak mudah dideteksi dan perlahan infeksi menyebar ke organ tubuh lainnya.

Penyakit kronis biasanya membutuhkan lebih banyak biaya dan perawatan dibandingkan dengan penyakit akut.

0 Response to "Perbedaan Antara Kronis dan Akut"

Posting Komentar

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Jangan menaruh LINK dalam komentar. ataupun komentar SPAM

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *