Perbedaan Antara Vaksinasi dan Imunisasi

Perbedaan vaksinasi dan imunisasi

Perbedaan utama antara vaksinasi dan imunisasi adalah bahwa vaksinasi merupakan pemberian sejenis virus yang dilemahkan agar tubuh bisa kebal terhadap penyakit tertentu. Sedangkan imunisasi adalah proses tubuh dalam membangun kekebalan terhadap penyakit tertentu tersebut.

Perbedaan vaksinasi dan imunisasi

Istilah vaksinasi dan imunisasi sering kita dengar di bidang medis atau saat kita pergi ke dokter. Istilah ini sering digunakan oleh masyarakat awam secara tumpang tindih dan membingungkan karena berhubungan dalam arti tertentu.

Untuk menjelaskan perbedaan vaksinasi dan imunisasi, berikut uraian singkatnya.

#1. Vaksinasi

Istilah vaksinasi mengacu pada pemberian vaksin atau bakteri yang dilemahkan yang diberikan pada seseorang agar tidak terinfeksi oleh penyakit. Vaksin adalah cara yang paling umum untuk mencegah seseorang terinfeksi oleh penyakit tertentu.

Vaksin biasanya dibuat dari jenis bakteri yang tidak aktif (non-infektif). Sebagai contoh: vaksin cacar kecil akan memiliki sel bakteri mati dari penyakit itu sendiri. Vaksinasi biasanya diberikan dalam bentuk tetes atau melalui suntikan.

Vaksin hidup yang telah dilemahkan telah berkurang sifat penyakitnya. Keefektifannya tergantung dari kemampuan sistem imun untuk mereplikasi dan memberikan respon seperti jika terjadi infeksi alamiah (Wikipedia).

Contoh vaksin : vaksin cacar kecil, vaksin campak, vaksin H1N1

Beda vaksinasi vs imunisasi

#2. Imunisasi

Imunisasi adalah proses yang berlangsung setelah vaksinasi terjadi. Pathogen yang muncul dalam tubuh menyebabkan anti-bodi membuat identifikasi apakah pathogen itu akan membahayakan atau menyebabkan kerusakan. Anti-bodi adalah sel yang bertanggung jawab untuk memerangi patogen asing dan bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem.

Antibodi bekerja dengan melawan pathogen asing dan kemudian merekamnya dalam sistem ingatan mereka untuk memastikan bahwa pada saat patogen berikutnya memasuki tubuh, maka akan segera dibasmi.

Jika tubuh sudah mampu melawan penyakit tertentu, maka ia akan mampu membangun satu kekebalan. Inilah yang dimaksud sebagai tubuh yang diimunisasi terhadap suatu penyakit.

Baik vaksinasi maupun imunisasi keduanya bekerja untuk menjaga kesehatan tubuh dan memastikan sistem internal bekerja dengan baik. Saat vaksin mengenalkan bakteri tertentu ke tubuh, maka tubuh bekerja untuk membangun dan membuat kekebalan pada bakteri tersebut. Inilah yang menyebabkan tubuh mampu menolak jika ada bakteri yang sama memasuki tubuh di masa yang akan datang.

Nah, sudah cukup jelas ya beda antara vaksinasi dan imunisasi ? (Referensi)

0 Response to "Perbedaan Antara Vaksinasi dan Imunisasi"

Posting Komentar

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Jangan menaruh LINK dalam komentar. ataupun komentar SPAM

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *