Perbedaan Antara Vitamin B Kompleks dan B12

Perbedaan antara vitamin B kompleks dan B12

Perbedaan utama antara vitamin B Kompleks dan B12 adalah bahwa vitamin B12 merupakan salah satu bagian dari vitamin B kompleks. Dan suplemen vitamin B kompleks biasanya mengandung semua jenis vitamin B termasuk vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9 dan B12. Semua vitamin ini penting bagi tubuh.

Perbedaan vitamin B kompleks dan B12

B Kompleks dan B12 adalah dua vitamin yang berbeda. Vitamin itu sendiri adalah bagian penting dari kesehatan kita. Meskipun kita hanya membutuhkan vitamin dalam dosis sangat kecil, namun hal ini sangat penting bagi kesehatan.

Vitamin sering juga disebut sebagai mikronutrien. Tubuh membutuhkan sejumlah nutrisi dan vitamin. Seperti vitamin A, B2, B6, B12, C, dll, serta nutrisi lainnya seperti mineral dan elemen lainnya. Sebagian besar nutrisi dan vitamin berasal dari makanan yang dikonsumsi manusia. Oleh karena itu keseimbangan diet sangat penting dan dianjurkan.

Vitamin B adalah vitamin yang water soluble, yang berarti vitamin ini bisa larut dalam air. Sebagian besar vitamin B bisa didapat melalui diet seimbang. Namun, ada beberapa jenis B12 yang hanya tersedia pada makanan berbasis daging dan produk susu. Ini berarti bahwa orang yang mengikuti pola makan vegetarian atau vegan berisiko tinggi mengalami defisiensi B12. Untuk mendapatkan jumlah B12 yang dibutuhkan, mereka mungkin harus mengkonsumsi suplemen.

Kekurangan Vitamin B dalam tubuh bisa menimbulkan berbagai masalah. Misalnya, defisiensi vitamin B1 menyebabkan beri-beri, yang meliputi gejala seperti penurunan berat badan, gangguan emosional, persepsi sensorik terganggu, kelemahan dan nyeri pada anggota badan, periode detak jantung tidak teratur, dan pembengkakan jaringan tubuh.

Kekurangan Vitamin B2 menyebabkan ariboflavinosis, yang mencakup gejala seperti retakan di bibir, kepekaan tinggi terhadap sinar matahari, radang lidah, sakit tenggorokan, pseudo-sifilis, dll.

Kekurangan vitamin B3 menyebabkan pellagra, yang meliputi gejala seperti agresi, dermatitis, insomnia, kelemahan, kebingungan mental, dan diare. Kekurangan vitamin B7 dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan kelainan neurologis pada bayi.

Kekurangan vitamin B12 berpotensi menyebabkan kerusakan parah dan ireversibel, terutama pada otak dan sistem saraf. Ini terutama menghasilkan anemia makrositik, asam metilmalon dan asam homosistein tinggi, neuropati perifer, kehilangan memori dan defisit kognitif lainnya. Pada dasarnya vit B12 mempengaruhi fungsi otak. Yang sangat beresiko misalnya orang tua, dan orang vegetarian.

Karena begitu pentingnya mendapatkan asupan vitamin yang memadai, serta mengingat bahwa kebanyakan orang tidak mengikuti diet seimbang, maka vitamin B ini, terutama vitamin B12 sering ditambahkan ke makanan kemasan dan minuman untuk memastikan orang menelannya. Sseperti misalnya dimasukan pada sereal, yogurt, dll.

Nah itulah perbedaan antara vitamin B kompleks dan B12. Sekarang sudah paham ya bedanya ?

0 Response to "Perbedaan Antara Vitamin B Kompleks dan B12"

Posting Komentar

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Jangan menaruh LINK dalam komentar. ataupun komentar SPAM

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *