Manfaat Vitamin E Untuk Kesehatan Kulit

Vitamin E pertama kali ditemukan oleh Dr. H.M Evans, pada tahun 1922. Vitamin E adalah nama yang diberikan untuk dua kelompok molekul yaitu tocopherol dan tocotrienol yang larut dalam lemak dan bersifat anti-oksidan. Nama vitamin E diberikan menyusul nama-nama vitamin yang telah lebih dulu ditemukan yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin D.

Manfaat vitamin E untuk kesehatan kulit

Vitamin E tidak bisa larut dalam air namun bisa larut dalam lemak. Dalam tubuh kita, Vitamin E akan dicerna oleh empedu, yang berfungsi sebagai pengemulsi minyak. Karena sifatnya yang anti-oksidan maka vitamin E sangat bermanfaat untuk  kesehatan.

Beberapa manfaat vitamin E untuk kesehatan diantaranya adalah meningkatkan daya tahan tubuh, menambah kesuburan suami-istri, membantu menanggulangi stress, mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung koroner. Sebagai anti-oksidan, vitamin E  berguna untuk melindungi struktur sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Manfaat vitamin E untuk kesehatan kulit

Vitamin E dan kesehatan kulit memiliki hubungan kausalitas yang sangat erat. Kulit yang lembut dan sehat mensyaratkan terpenuhinya vitamin E secara memadai. Oleh karena itu vitamin E menjadi bagian penting dari hampir semua produk perawatan kulit.

Di masyarakat bahkan vitamin E lebih dikenal sebagai vitamin nutrisi untuk kulit. Dan banyak orang yang memanfaatkan vitamin E untuk kesehatan kulitnya.

#1. Mencegah penuaan dini (anti aging)

Vitamin E sangat berguna dalam mencegah penuaan dini. Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang kuat sehingga melindungi kulit dari bahaya radikal bebas adan polusi. Vitamin E membuat kulit jadi sehat dan lembut. Caranya yaitu dengan menambahkan vitamin E pada pelembab atau membeli pelembab yang sudah mengandung vitamin E dan oleskan pada kulit. Vitamin E juga dapat mengurangi garis-garis halus dan keriput pada wajah.

#2. Mencegah kulit terbakar matahari

Vitamin E membantu mencegah terbakarnya kulit akibat sinar ultra violet. Caranya yaitu dengan lotion tabir surya yang mengandung vitamin E dan oleskan pada kulit sebelum bepergian ke luar rumah. Indonesia yang beriklim tropis dan menerima sinar matahari sepanjang tahun, membuat tubuh memerlukan banyak vitamin E untuk kesehatan kulit.

#3. Mengatasi jerawat

Minyak vitamin E topikal dapat mencegah dan mempercepat penyembuhan jerawat. Vitamin E juga diyakini dapat mengurangi munculnya stretch mark, bekas jerawat dan menyamarkan bintik-bintik, keriput dan garis-garis halus karena faktor usia.

#4. Untuk kesehatan rambut

Minyak vitamin E bermanfaat membantu melancarkan sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga dapat meningkatkan kesehatan rambut. Vitamin E membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti rambut beruban, botak atau rambut rontok. Beberapa merk shampoo dan conditioner sekarang ini banyak memanfaatkan vitamin E. Sebab, kesehatan rambut pada dasarnya juga sangat tergantung pada kesehatan kulit kepala.

Memilih Vitamin E yang bagus

#1. Pilih produk vitamin E dengan kandungan vitamin E alami yaitu yang bertuliskan d-alpha tocopherol, dan bukan dituliskan dengan dl-alpha tocopherol.

#2. Pilihlah produk vitamin E yang tidak menimbulkan alergi dan iritasi pada kulit, yaitu yang bertuliskan dermatologist-tested. Artinya produk vitamin E tersebut sudah diuji dan di kaji kelayakannya oleh para ahli dermatologi.

#3. Untuk produk vitamin E yang langsung dioleskan pada kulit, sebaiknya pilih yang mengandung konsentrasi vitamin E antara 0,1 sampai 1 mg. Hal ini dilakukan supaya antioksidannya masih bisa berfungsi dengan baik.

0 Response to "Manfaat Vitamin E Untuk Kesehatan Kulit"

Posting Komentar

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Jangan menaruh LINK dalam komentar. ataupun komentar SPAM

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *