Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Manfaat daun sirsak masih banyak yang terpendam dan jarang diketahui. Tak banyak orang yang tau tentang manfaat atau khasiat daun ini. Padahal daun sirsak merupakan salah satu obat tradisional yang kaya manfaat.

Usaha menyebarluaskan informasi seputar manfaat daun sirsak sangat layak didukung. Karena, itu sejalan dengan trend pengobatan secara tradisional alami yang semakin hari semakin meningkat.

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan

Pengobatan modern dan pengobatan tradisional punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Trend pengobatan tradisional atau alami makin meningkat, juga tidak lepas dari kelebihan obat herbal dibandingkan obat modern-kimiawi. Misalnya, pengobatan yang alami memiliki efek samping yang relative lebih kecil.

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan

Pohon sirsak (Latin = Annona muricata L,  Belanda = Zuurzak) merupakan tipikal tanaman daerah tropis. Pohon sirsak berasal dari Amerika Tengah atau Amerika Selatan, dibawa oleh bangsa Belanda pada abad 19, dan tumbuh subur di Indonesia. Pohon sirsak kaya dengan manfaat, terutama buah dan daunnya.

Buah sirsak misalnya, banyak mengandung karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak.

Sedangkan daun sirsak, menurut sebuah penelitian banyak mengandung acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, dan muricapentocin.

Bentuk daun ini sesungguhnya biasa saja, tak beda dengan daun tanaman lainnya. Yang tak biasa adalah kandungan dan khasiatnya yang jarang diketahui itu.

Diantara manfaat daun sirsak adalah sebagai obat anti kanker, obat sakit pinggang, obat bisul, obat rematik, dan obat asam urat.

Penelitian tentang daun sirsak dan kesehatan

Di negeri kita penelitian seputar manfaat daun sirsak sangat kurang, tapi di luar negeri cukup banyak.

Jauh sebelum era modern, manfaat daun sirsak sudah diketahui oleh suku Indian kuno beberapa abad lalu. Pada saat itu suku Indian menggunakan buah dan daun pohon sirsak untuk bermacam-macam pengobatan. Mereka percaya bahwa buah dan daun pohon sirsak diyakini mampu menyembuhkan sakit jantung, asma, liver dan rematik.

Pada pertengahan dekade 1960-an, sejumlah penelitian yang dilakukan para akademisi membuktikan bahwa ekstrak daun sirsak mempunyai khasiat yang lebih bagus dari terapi kemo. Bahkan, masih menurut penelitian itu, ekstrak daun tersebut berkhasiat mampu memperlambat perkembangan kanker.

National Cancer Institute melakukan riset ilmiah pada 1976, dan hasilnya menyebutkan bahwa batang dan daun pohon sirsak efektif menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker. Hal itu karena daun sirsak banyak mengandung senyawa proaktif bagi tubuh. Senyawa proaktif tersebut tidak banyak dijumpai pada buah lainnya.

Penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Korea menemukan bahwa ada satu senyawa kimia yang berperan selektif membunuh sel kanker usus besar, serta 10 ribu kali lebih berpotensi sebagai obat kemoterapi yang ditemukan dalam sirsak. Penelitian mereka juga melaporkan bahwa senyawa ini selektif dalam menentukan sel target kanker sehingga tidak merusak sel-sel yang sehat.

Dalam sebuah studi terbaru, disebutkan bahwa daun pohon sirsak bermanfaat misalnya untuk kanker prostat, pankreas dan paru-paru.

Selanjutnya berdasarkan 20 uji tes laboratorium tentang khasiat daun sirsak yang dilakukan sejak tahun 1970, menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan mengenai khasiat daun ini, misalnya :

#1. Menyerang sel-sel kanker secara efektif, dan tidak membahayakan sel yang sehat.
#2. Memiliki target yang efektif dan bisa membunuh sel-sel ganas bagi 12 jenis kanker, termasuk kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru dan kanker pankreas.
#3. Menambah energi di dalam tubuh.
#4. Menambah stamina dan kebugaran.
#5. Membantu meningkatkan sistem kekebalan dan menghindari infeksi yang mematikan.
#6. Sebagai antioksidan mampu mencegah radikal bebas.

Di masyarakat, pohon sirsak ditanam secara sambilan untuk diambil buahnya. Setelah mengetahui manfaat daun tersebut, mungkin bisa lebih dimaksimalkan lagi manfaat dan kegunaannya, misalnya ada usaha produk kesehatan berbasis daun sirsak.

1 Response to "Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui "

  1. Manfaat daun sirsak memang besar untuk pengobatan. Masalahnya, pengobatan secara tradisional dengan membuat sendiri dari bahan-bahan ini dianggapnya tidak praktis. Selain itu, efeknya tidak secepat obat farmasi resep dokter.

    Obat tradisional yang berkembang sekarang adalah yang dikemas dalam bentuk obat herbal yang diolah menggunakan teknologi seperti obat herbal yang dijual di toko-toko online atau offline.

    Menjadi tren karena praktis dan sebagian besar bebas dari risiko atau efek samping. Cuma masalahnya, obat herbal oleh para dokter dikatakan belum valid karena belum didasarkan penelitian yang akurat dan ilmiah.

    Istilahnya pun sekarang tidak boleh pakai kata "obat". Hanya disebut herbal untuk sakit maag, herbal untuk darah tinggi, dsb. Ini adalah tantangan dari pengembangan obat tradisional dari bahan tanaman.

    Untunglah, kondisi itu tertolong dengan munculnya banyak blog tentang obat tradisional atau obat herbal di internet. Ini adalah media pengenalan obat dari tumbuhan yang sangat massif.

    BalasHapus

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Jangan menaruh LINK dalam komentar. ataupun komentar SPAM

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *