7 Macam Pijat Paling Terkenal di Dunia, Apa Saja ?

Setelah sepekan bekerja biasanya kita ingin mengisi akhir pekan dengan sesuatu yang dapat membuat badan merasa segar dan fit kembali. Seperti rekreasi, olahraga, makan-makan, pijat atau apa pun yang dapat menghilangkan stress selama bekerja.

Macam-macam pijat yang terkenal

Jika anda sedang malas jalan-jalan di luar rumah, maka pijat tubuh dapat menjadi pilihan. Selain tidak banyak menguras dompet, pijat tubuh juga memiliki banyak manfaat buat kesehatan. Misalnya tubuh lebih rileks, mengurangi stres, nyeri otot berkurang, meningkatkan sirkulasi darah, memperbaiki kualitas tidur dan lain-lain.

Baca : 9 Manfaat Pijat Tubuh Bagi Kesehatan

Macam-macam pijat yang terkenal

Sekarang ini tempat-tempat pijat cukup banyak bermunculan di sekitar kita. Tapi sebelum berangkat ke sana, ketahui dulu macam-macam pijat agar mendapatkan jenis yang sesuai. Jika salah memilih jenis pijat maka boleh jadi badan bukannya fit dan segar, tapi malahan tambah pegal dan linu. He he ..   

Berikut 7 macam pijat yang paling terkenal :

#1. Pijat Swedia

Sejauh ini pijat Swedia merupakan terapi pijat yang terinspirasi budaya Barat yang paling banyak dicari. Pijat Swedia merupakan “menu pokok” yang ada di semua salon spa alami dan dipraktekkan secara luas di seluruh dunia.

Terapis umumnya melakukan tekanan panjang dan halus, gerakan menguleni, meluncur, dan melingkar dengan menggunakan minyak pijat atau lotion. Jika ini adalah kali pertama Anda dipijat, maka pijat Swedia merupakan pilihan tepat karena lembut dan merevitalisasi.

#2. Pijat Thailand

Pijat Thailand merupakan teknik pijat kuno yang berasal dari India dan dibawa ke Thailand oleh penganut Buddha sekitar 2.500 tahun yang lalu. Pijat ala Thai sering disebut sebagai "the lazy man's yoga" atau "yoga-nya orang malas". Itu karena pijat Thailand difokuskan pada peregangan dan pemanasan tubuh. Mirip gerakan yoga, namun pasien tidak melakukannya secara aktif.

Bentuk pijat ini memadukan akupresur, refleksi dan yoga. Terapis pijat menggunakan tangan, siku, lutut dan kaki mereka untuk memulai peregangan dan posisi yoga yang dalam pada penerima.

Pijat ini dapat membuat tubuh merasa lebih rileks, meningkatkan energi, meningkatkan fleksibilitas dan sirkulasi dalam tubuh. Pijat Thai dilakukan di atas tikar atau matras.

#3. Pijat Shiatsu

Shiatsu merupakan jenis pijat yang berakar dari budaya Jepang. Kata "Shiatsu" dalam bahasa Jepang artinya adalah "tekanan jari". Dalam pijat Shiatsu, terapis akan melakukan tekanan dengan jari secara ritmis untuk mengembalikan energi dan menjaga keseimbangan. Pijat ini membuat pasien merasa rileks, dapat mengurangi stress dan kecemasan.

Sama seperti pijat Thailand, Shiatsu dilakukan dilantai, dan bukan di dipan, dengan menggunakan alas tikar / matras. Klien pun dapat berpakaian lengkap.

#4. Pijat jaringan dalam (deep tissue massage)

Deep tissue massage menggunakan berbagai teknik yang berfokus pada otot dan jaringan yang lebih dalam. Pijat ini biasa digunakan untuk mengurangi rasa sakit kronis, bengkak, ketegangan berulang, masalah postural serta pemulihan dari cedera. Terapis pijat akan melakukan gesekan atau tekanan mendalam pada butir otot.

Sebagian pasien pijat mungkin merasa agak kesakitan atau tidak nyaman. Sebaiknya beritahukan pada terapis jika rasa sakitnya keterlaluan. Anda mungkin akan merasa kaku setelah pijat berlangsung, tapi biasanya akan hilang setelah beberapa hari.

#5. Pijat aromaterapi

Pijat aromaterapi menggunakan minyak tumbuhan yang aromanya bisa Anda pilih. Ada jenis minyak untuk membuat rileks, untuk menambah energi, untuk mengurangi stres, keseimbangan tubuh, dll.

Minyak dengan aroma lavender merupakan pilihan favorite di antara minyak esensial lain yang digunakan dalam pijat aromaterapi.

#6. Pijat reflexology 

macam-macam pijat : pijat refleksologi

Pijat reflexology sering dikaitkan dengan pijat kaki. Namun sesungguhnya pijat ini juga bisa digunakan di telinga dan tangan. Refleksologi didasarkan pada keyakinan bahwa ketika tekanan dilakukan pada area tertentu di kaki, tangan atau telinga, maka tekanan tersebut akan diteruskan ke organ tubuh yang sesuai melalui sistem saraf.

Pijat refleksologi akan membuat pasien merasa santai. Cocok untuk mereka yang memiliki kelelahan di kaki, sakit punggung, ketidakseimbangan hormon dan stres.

#7. Pijat batu panas / hot stone

Pada pijat ini terapis menggunakan batu alam yang suhunya disesuaikan untuk memijat berbagai area tubuh. Batu-batu tersebut dipanaskan pada suhu tertentu dan diletakkan di punggung, telapak tangan dan di antara jari-jari kaki. Cara pijat ini akan mengendurkan otot yang kencang dan mengurangi ketegangan.

Pijat batu panas sangat sesuai untuk orang yang memiliki masalah ketegangan otot tapi menghendaki pijatan dengan gerakan yang lebih lembut.

Selain tujuh macam pijat diatas, ada pula jenis pijat lainnya yang lebih spesifik. Seperti pijat olahraga (untuk para atlet), pijat prenatal untuk ibu hamil, pijat bayi dll.

0 Response to "7 Macam Pijat Paling Terkenal di Dunia, Apa Saja ?"

Posting Komentar

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Jangan menaruh LINK dalam komentar. ataupun komentar SPAM

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *