Ini 12 Penyebab Wanita Sulit Hamil, Menopause Dini Salah Satunya

Masalah kehamilan adalah masalah bersama yang sifatnya “bilateral” antara suami dan istri, dan bukan semata-mata persoalan istri. Sehingga jika istri mengalami sulit hamil maka penyebabnya bisa berasal dari kedua belah pihak.

Bagi sebagian pasangan, memiliki anak atau keturunan bukanlah masalah. Karena mereka mudah memiliki anak di periode awal pernikahan mereka.

Bagi sebagian yang lain, memiliki anak atau keturunan mungkin merupakan impian yang bertahun-tahun belum bisa diwujudkan. Bersabar, berdoa dan berusaha sudah dilakukan, tapi si buah hati tak juga menunjukan tanda-tanda bakal hadir.

Penyebab wanita sulit hamil

Apa sebenarnya yang menyebabkan seorang wanita sulit hamil ? Mengapa sebagian wanita bisa cepat hamil sedangkan sebagian yang lainnya susah ?

Penyebab wanita sulit hamil

Menurut ilmu pengetahuan ada beberapa faktor penyebab wanita sulit hamil. Berikut diantaranya :

#1. Sindrom ovarium polikistik  (PCOS)

PCOS (polycystic ovaries syndrome) adalah sebuah kondisi yang menyebabkan produksi hormon androgen berlebih dan menjadi salah satu penyebab utama ketidaksuburan pada wanita. Ketidakseimbangan hormon yang diakibatkan oleh PCOS menyebabkan masalah dengan ovulasi dan siklus haid pun terganggu. Kondisi ini juga sering dikaitkan dengan kelebihan berat badan dan resistensi insulin.

#2. Menopause dini

Pengertian menopause dini adalah kekurangan atau hilangan menstruasi dan tanda awal habisnya folikel ovarium sebelum seorang wanita mencapai umur 40 tahun. Jika fungsi indung telur (ovarium) dan menstruasi berhenti sebelum umur 40 tahun, maka seorang wanita dianggap menopause dini. Penyakit kekebalan tertentu atau bahkan terapi radiasi dapat menjadi penyebab menopause dini pada wanita.

#3. Kerusakan pada saluran telur (tuba)

Ketika saluran tuba meradang, hal ini mungkin disebabkan karena adanya penyumbatan atau jaringan parut, yang pada gilirannya, menyebabkan infertilitas. Kerusakan tersebut umumnya disebabkan oleh infeksi penyakit menular seksual, terutama klamidia. Kasus-kasus lain yang dapat menyebabkan penyumbatan pada tuba  termasuk penyakit radang panggul, atau bekas operasi akibat kehamilan ektopik.

#4. Endometriosis

Endometriosis adalah suatu kondisi dimana jaringan rahim tumbuh di luar rahim. Kondisi ini biasanya akan mempengaruhi indung telur, telur, saluran telur, rahim dan bahkan fungsi sperma. Dalam kasus endometriosis yang ringan, konsepsi masih mungkin terjadi karena tidak semua wanita akan mengalami infertilitas. Pada kasus ini, laparoskopi dapat digunakan untuk menghilangkan jaringan parut yang disebabkan oleh endometriosis untuk membantu pembuahan.

#5. Ovarium jaringan parut

Faktor lain yang mempengaruhi ovulasi wanita adalah kerusakan fisik pada ovariumnya. Kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh pembedahan akibat kista ovarium. Operasi konstan yang luas atau invasif dapat menyebabkan kerusakan jaringan parut ke titik di mana folikel ovarium tidak dapat lagi dewasa, akibatnya proses ovulasi menjadi tidak lengkap.

#6. Adhesi pelvis

Adhesi pelvis dapat diartikan sebagai jaringan parut yang terbentuk setelah operasi panggul, usus buntu yang dapat mengganggu kesuburan. Adhesi pelvis dapat mengubah struktur saluran tuba, sehingga sulit untuk telur wanita melakukan perjalanan melalui saluran tersebut.

#7. Masalah tiroid

Hipertiroidisme adalah suatu kondisi dimana kelenjar tiroid terlalu aktif. Sedangkan tiroid hipotiroidisme, merupakan kondisi yang disebabkan oleh tiroid kurang aktif. Keduanya dapat menyebabkan masalah ketidaksuburan dan susah hamil pada wanita.

#8. Pengobatan kanker

Memiliki kanker dan menjalani radioterapi atau bentuk lain pengobatan kanker dapat mengganggu fungsi dari sistem reproduksi pria atau wanita. Penelitian telah menunjukkan bahwa penurunan kesuburan seorang wanita salah satu penyebabnya adalah efek samping dari radiasi.

Namun kondisi ini juga tergantung dari bagian tubuh yang di sinari. Wanita yang menjalani terapi radiasi harus membicarakan dengan dokter mereka tentang efek pengobatan yang mungkin akan mempengaruhi kesuburan mereka.

#9. Obat-obatan dan gaya hidup tertentu

Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan infertilitas pada wanita. Tetapi dengan menghentikan konsumsi obat itu sepenuhnya, wanita masih mungkin untuk kembali menjadi subur seperti semula. Menggunakan obat-obatan, minum alkohol, merokok, pola makan tidak sehat dan kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan, dan olahraga atletik berlebihan juga dapat menyebabkan wanita sulit hamil dan infertilitas.

#10. Faktor usia

Usia juga dianggap sebagai faktor umum terkait infertilitas pada wanita. Wanita di atas 40 tahun memiliki jumlah sel telur lebih rendah dan cenderung kurang sehat. Kemungkinan keguguran juga lebih tinggi pada wanita yang usianya lebih tua.

#11. Kualitas sperma yang rendah

Kualitas sperma yang rendah biasanya disebabkan karena adanya kelainan pada pembentukan spermatozoa. Selain itu, baik buruknya pola hidup seorang pria bisa mempengaruhi tinggi rendahnya kualitas sperma. Bila kualitas sperma seorang suami rendah, bisa dipahami bila istri lalu menjadi sulit hamil, bukan ?

#12. Kondisi psikologis

Kondisi psikologis suami istri sangat mempengaruhi kemungkinan kehamilan pada seorang wanita. Kondisi dan situasi rumah tangga yang tidak harmonis, tidak ceria, menyimpan masalah, stress, sering cekcok, bisa menyebabkan terjadinya masalah kesulitan kehamilan pada pasangan tersebut.

Baca juga : 11 Makanan Yang Dianjurkan Agar Cepat Hamil

Untuk memahami apa sesungguhnya yang menjadi penyebab sulit hamil pada pasangan suami-istri, maka diperlukan upaya bersama dari mereka. Kedepankan kebersamaan dan jauhi ego masing-masing. Semoga impian mendapatkan si buah hati dapat segera terwujud.

0 Response to "Ini 12 Penyebab Wanita Sulit Hamil, Menopause Dini Salah Satunya"

Posting Komentar

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Jangan menaruh LINK dalam komentar. ataupun komentar SPAM

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *