Keuntungan dan Kerugian Lensa Kontak vs Kacamata, Pilih Mana ?


Beda dengan jaman dulu, saat ini orang dengan masalah penglihatan belum tentu harus memakai kacamata. Ada pilihan lain, yaitu pakai lensa kontak (contact lens) atau operasi mata.

Ada orang yang lebih suka memakai kacamata dan ada juga yang lebih suka memakai lensa kontak, sesuai dengan selera atau jenis perawatan yang cocok untuk dirinya. Tapi ada juga yang memakai bergantian antara keduanya.

Keuntungan dan kerugian lensa kontak vs kacamata

Jadi penting untuk mengetahui apa keuntungan dan kerugian menggunakan lensa kontak dan kacamata. Yaitu agar pengguna mendapatkan pilihan yang tepat untuk masalah penglihatannya.

Keuntungan dan kerugian memakai kacamata

Keuntungan memakai kacamata. Keuntungan kacamata yang utama adalah bahwa kacamata tidak menyebabkan risiko pada kesehatan mata. Sebab, kacamata tidak menyentuh mata seperti halnya lensa kontak. Kacamata adalah bentuk pengobatan yang paling tradisional untuk kesehatan mata. Kacamata tersedia dalam berbagai bentuk, warna dan harga.

Kerugian memakai kacamata. Di sisi lain, memakai kacamata dapat menyebabkan ketidaknyamanan karena mendistorsi penglihatan. Kerugian lainnya adalah kacamata bisa patah atau pecah, karena itu Anda harus sangat berhati-hati dengannya. Kacamata juga bisa dianggap tidak menarik untuk penampilan, tapi ini relatif dan sifatnya pribadi.

Selain itu kacamata juga dianggap kurang praktis. Misalnya, jika seseorang akan berolahraga tertentu seperti bola tangan atau bola voli. Bisa-bisa kacamatanya justru hancur selama pertandingan berlangsung.

Keuntungan dan kerugian menggunakan lensa kontak

Keuntungan memakai lensa kontak. Kontak lens merupakan alternatif yang lebih praktis untuk hal tertentu dibandingkan kacamata. Lensa kontak bisa digunakan saat berolahraga, tanpa takut pecah atau patah. Selain itu, kontak lens tidak mengubah penampilan karena nyaris tidak terlihat. Keuntungan lain dari memakai lensa kontak adalah memberikan koreksi penglihatan yang lebih baik.

Kerugiannya, lensa kontak membutuhkan perawatan ekstra, dalam hal kebersihan dan cara penyimpanan sehingga penggunaannya tidak berbahaya bagi kesehatan.

Misalnya pada saat meletakkannya, Anda harus berhati-hati semaksimal mungkin untuk tidak mencemari lensa dengan kotoran yang ada pada jari dan kuku. Demikian pula harus disimpan pada tempat khusus dan direndam dalam larutan yang sesuai.

Selain itu jangan pernah tidur dengan menggunakan lensa.

Baca juga : 4 Pertimbangan Dalam Memilih Frame Kacamata, Wajib Baca Guys

Terakhir, sempatkan berkonsultasi dengan dokter mata untuk mengetahui dengan tepat masalah penglihatan Anda dan apa yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya. Apakah memakai kacamata, memakai kontak lens ataukan operasi mata. Semoga indera penglihatan Anda tetap sehat, jadi tidak perlu ketiga-tiganya.

0 Response to "Keuntungan dan Kerugian Lensa Kontak vs Kacamata, Pilih Mana ?"

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *