Perbedaan Antara Teh Hijau dan Teh Hitam


Orang-orang China telah minum teh selama ribuan tahun dan pada umumnya percaya bahwa minum teh adalah cara hidup yang sangat sehat. Ada dua teh yang sangat popular : teh hijau dan teh hitam.

Teh hijau (green tea) dan teh hitam (black tea) berasal dari rumpun yang sama yaitu Camellia sinensis. Keduanya juga dapat dipetik dari pucuk paling atas tanaman yang sama. Jadi apa perbedaan antara teh hijau dan teh hitam ?

Perbedaan teh hijau dan teh hitam

Perbedaan teh hijau dan teh hitam

Beda teh hijau dan teh hitam adalah pada cara pengolahan dan oksidasi, satu proses kimia yang menyebabkan warna jadi kecoklatan.

Teh hijau

Untuk menghasilkan teh hijau : daun dipanen, layu, lalu dipanaskan melalui uap (gaya Jepang) atau pan-firing (gaya cina). Proses ini menghentikan oksidasi sehingga daun tetap mempertahankan warna, rasa dan kesegarannya.

Teh hitam

Untuk menghasilkan teh hitam : daun dipanen dan layu lalu dilumatkan, dirajang, mengeriting, atau digulung dan dibiarkan mengoksidasi sebelum dikeringkan. Akibatnya daunnya jadi lebih gelap, rasa dan aroma juga lebih kuat.

Teh mana yang lebih banyak mengandung kafein ? 

Teh hijau biasanya mengandung lebih sedikit kafein daripada teh hitam, namun tidak selalu demikian. Kandungan kafein dapat bervariasi, tergantung pada varietas tanaman, pengolahan, dan metode pembuatannya.

Menurut Mayo Clinic, kandungan kafein teh hijau berkisar antara 24-40 mg per cangkir dan teh hitam berkisar antara 14-61 mg per cangkir.

Teh mana yang mengandung lebih banyak antioksidan ?

Baik teh hijau dan teh hitam keduanya mengandung antioksidan, yang dapat mencegah kanker dan penyakit lainnya. Selama bertahun-tahun penelitian difokuskan pada khasiat kesehatan teh hijau. Studi terbaru menunjukkan bahwa teh hitam juga memiliki banyak manfaat.

Proses oksidasi ataupun non-oksidasi inilah yang menghasilkan kandungan antioksidan yang berbeda.

Jadi lebih sehat mana antara teh hijau dan teh hitam ?

Dr. John Weisburger menyarankan agar orang tidak terlalu peduli dengan teh apa yang dikonsumsi. Sebab, baik teh hijau ataupun teh hitam, semuanya berasal dari jenis tanaman yang sama yaitu Camellia Sinensis. Perbedaan utama antara teh hijau dan teh hitam adalah pada cara teh itu dibuat.

Masih menurut Weisburger, tidak ada makanan yang sempurna (di dunia), jadi mengkonsumsi segala sesuatu itu harus secara moderat (tidak berlebihan).

0 Response to "Perbedaan Antara Teh Hijau dan Teh Hitam"

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *