5 Cara Menggunakan Stroller Dengan Aman


Stroller atau kereta bayi / kereta dorong merupakan salah satu peralatan penting untuk buah hati Anda. Stroller akan berguna saat Anda bepergian atau jalan-jalan sekitar rumah bersama si bayi. Yaitu agar bayi tetap aman dan nyaman, dan Anda pun tidak cepat lelah atau pegal.

Ada begitu banyak jenis stroller yang tersedia di pasaran. Mereka sangat bervariasi dalam hal merk, harga maupun kepraktisan. Apapun jenis kereta bayi yang Anda pilih sebaiknya ketahui juga kiat-kiat menggunakan stroller yang aman dan nyaman. 

Cara menggunakan stroller dengan aman

Cara menggunakan stroller dengan aman 

Nah dibawah ini adalah beberapa cara menggunakan stroller agar keamanan dan kenyamanan bayi / anak kecil Anda terpenuhi.

#1. Gunakan sabuk pengaman

Semua kereta bayi yang bagus dilengkapi dengan tali atau sabuk pengaman standar. Sabuk pengaman tersebut harus tetap digunakan saat bayi ditaruh dalam kereta, meskipun bayi ada di dalamnya untuk waktu sebentar. Tali pengaman itu juga harus digunakan jika bayi sedang tidur.

Sabuk tersebut akan menjaga bayi dari kemungkinan keluar atau terlempar dari kereta, jika kereta terdorong atau melewati jalan menurun. Sabuk ini harus digunakan tanpa memandang usia anak.

Tali pengaman pada kereta bayi biasanya memiliki sistem pengaman lima titik. Dua titik untuk mengunci diatas bahu kanan dan bahu kiri, dua titik untuk disamping kanan dan kiri pinggang, dan satu lagi dibawah selangkangan. 

Penting untuk selalu memfungsikan semua titik tali, bukan hanya tali pengikat di pinggang atau bahu saja.

#2. Gunakan rem roda di saat yang tepat

Saat stroller berhenti, jangan lupa aktifkan rem roda. Meskipun permukaan tanah atau aspal terlihat datar, namun kereta bayi bisa menggelinding dengan perlahan jika pengasuh melepaskan pegangannya atau jika seseorang menyenggol kereta dorong dengan tidak sengaja. 

Saat memasukan atau mengeluarkan bayi dari kereta, rem juga harus selalu diaktifkan.

Sistem rem roda stroller yang ideal adalah salah satunya ada yang dapat mengunci roda pada saat berhenti, dan bukan hanya rem yang menggunakan tekanan tangan atau kaki saja.

#3. Jangan kelebihan beban (overload)

Kita sering melihat sebuah keluarga membawa serta anak bayinya jalan-jalan di mall dengan menggunakan stroller. Pulangnya mereka membawa belanjaan banyak.

Ada stroller yang dilengkapi dengan keranjang dibawah tempat duduknya, ada juga yang dilengkapi kantong dibagian samping.

Apapun jenis strollernya, jangan sekali-kali Anda menaruh barang belanjaan berat ke dalam stroller. Atau menggantungkan beban berlebih pada gagang kereta bayi. Karena kereta bisa jebol dan dapat merusak fungsi rem roda. 

#4. Cek sistem pengunci secara rutin

Beberapa kereta bayi dilengkapi dengan pengunci tambahan, yang memberikan keamanan ekstra jika rangkanya ambruk secara tak terduga.

Pengasuh harus rutin memeriksa mekanisme penguncian dari aus dan rusak. Jika mekanismenya tidak bekerja dengan benar, stroller tidak boleh digunakan sampai diperbaiki.

#5. Jangan tinggalkan anak sendirian

Jangan sepelekan faktor human error. Misalnya jangan meninggalkan anak bayi tidur sendirian dalam kereta, meski hanya sesaat. Jika Anda ingin istirahat, keluarkan dulu anak tersebut dari stroller dan taruh di tempat tidurnya.

Baca juga : Tips Memilih Kereta Bayi Yang Bagus dan Aman

Jangan lupa anak bayi dapat terbangun kapan saja. Jika bayi meronta-ronta karena tak ada siapapun disampingnya, maka itu dapat membahayakan dirinya.

0 Response to "5 Cara Menggunakan Stroller Dengan Aman"

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *