9 Kebiasaan Harian Yang Dapat Membahayakan Sistem Kekebalan Tubuh


Sistem kekebalan tubuh (immune system) merupakan mekanisme pertahanan yang pertama dan utama bagi kesehatan tubuh kita. Ada keterkaitan langsung antara sistem imunitas dengan kesehatan tubuh. Semakin kuat sistem kekebalan tubuh, maka semakin banyak perlindungan yang dimiliki dalam menghadapi serangan virus dan penyakit.

sistem kekebalan tubuh - sistem imunitas

Sebaliknya jika sistem imunitas lemah maka tubuh lebih mudah lelah, mudah lesu, mudah terkena serangan flu, infeksi, anemia, serta penyembuhan luka pun lambat.

Itulah sebabnya para ahli kesehatan sangat menganjurkan agar kita selalu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. Menjalankan pola hidup sehat dan berolahraga sangat penting untuk menjaga agar sistem imunitas tetap berfungsi dengan baik.

Kebiasaan yang dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh

Seiring dengan bertambahnya usia, tahukah Anda bahwa banyak kebiasaan sehari-hari yang dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh ? Sebagian diantaranya malahan mungkin akan membuat Anda terkejut jika menyadarinya.

Dan inilah beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh kita .

#1. Bekerja sampai larut malam 

Jika Anda sering kali bekerja sampai larut malam seperti ada tugas kantor, mengerjakan proyek, bahkan sekedar aktifitas begadang main kartu, menonton tv, dll, dapat menyebabkan sistem kekebalan menjadi lemah.

Kebiasaan tidur yang buruk menurunkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi tingkat sel pembunuh untuk melawan kuman.

Saat Anda tidur, sistem kekebalan tubuh melepaskan berbagai jenis cytokines yang membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. Jika kurang tidur, maka produksi cytokines juga berkurang.

#2. Badan tidak bersih  

Bicara soal sistem kekebalan tubuh yang baik, maka menjaga kebersihan diri sendiri itu harus. Jika Anda cuek dengan kebersihan badan Anda, maka sistem kekebalan pasti terancam.

Kebiasaan jorok akan meningkatkan risiko terkena kuman, yang pada gilirannya tubuh jadi rentan terhadap infeksi dan penyakit.

Hal-hal ringan seperti : menyikat gigi dua kali sehari, cuci tangan sebelum makan, memotong dan membersihkan kuku, mandi tiap hari, cara masak yang higienis, memakai pakaian bersih dll sangat membantu dalam meningkatkan sistem imunitas.

#3. Menggunakan objek umum

Di rumah Anda dapat menjaga kebersihan rumah dan isinya secara maksimal. Tapi jika di luar rumah Anda mungkin terpaksa bersentuhan atau menggunakan fasilitas umum yang kebersihannya diragukan. Misalnya toilet umum, gagang pintu, buku menu restoran, kereta dorong super market, ballpoint di bank. Barang-barang tersebut dapat menjadi perantara yang menyalurkan virus dan bakteri dari orang ke orang.

Sebaiknya hindari penggunaan barang milik orang lain. Hindari juga menyentuh benda-benda publik. Bawalah pulpen, kertas tissue, botol air, dll saat bepergian keluar rumah.

#4. Terlalu banyak konsumsi gula

Jika Anda sering mengkonsumsi makanan yang manis, maka sistem kekebalan tubuh Anda bisa melemah.

Gula akan mengurangi kemampuan sel darah putih untuk membunuh kuman. Gula mencegah vitamin C masuk ke dalam sel darah putih, sehingga kekebalan tubuh melemah.

Jika Anda ingin makan sesuatu yang manis, lebih baik pilih buah seperti jeruk, apel, mangga, kiwi, semangka, stroberi dll yang mengandung gula alami. Vitamin C dalam buah ini juga akan membantu sistem kekebalan tubuh Anda bekerja dengan baik.

#5. Kurang minum air putih

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Dan jika seseorang tidak cukup minum untuk memenuhi kebutuhannya, itu pasti akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuhnya. Hidrasi yang tepat sangat penting untuk kekebalan tubuh yang kuat.

Kebutuhan air minum yang sehat adalah sekitar 8 sampai 10 gelas air per hari. Namun, jumlah air yang dibutuhkan seseorang untuk minum mungkin bergantung pada iklim di mana ia tinggal, aktifitas fisik, dan kondisi kesehatan masing-masing.

Yang penting seberapapun sibuk Anda bekerja, jangan lupa untuk minum air putih.

#6. Suka minuman beralkohol 

Kebiasaan minum minuman beralkohol cepat atau lambat akan membahayakan sistem kekebalan.

Minum alkohol terlalu banyak akan melemahkan atau membunuh beberapa sel antibodi yang dibutuhkan untuk menghancurkan sel yang terinfeksi virus. Konsumsi alkohol berlebih juga menghambat produksi sel darah putih dan merah, yang melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda dari waktu ke waktu.

Minuman beralkohol sangat berdampak buruk bagi kesehatan, karena alkohol menghambat kemampuan tubuh menyerap nutrisi penting, yang dapat menyebabkan defisiensi.

#7. Berada diantara para perokok 

Merokok sangat membahayakan kesehatan. Itu sudah jelas, semua orang tahu. Tapi tak banyak yang menyadari bahwa paparan asap rokok ternyata juga buruk bagi kesehatan dan sistem kekebalan tubuh.

Paparan asap rokok bisa membuat Anda lebih rentan terkena infeksi pernafasan, asma, alergi bahkan kanker paru-paru.

Jangan biarkan diri anda menjadi perokok pasif. Jauhilah asap rokok sebisa mungkin.

Hindari menghabiskan waktu dengan orang yang merokok. Hindari tempat umum yang mengizinkan orang merokok, seperti restoran, bus, hotel dll. Pilih tempat umum yang secara jelas mencantumkan peringatan “Dilarang Merokok”.

#8. Suka makan junk food

Junk food rasanya enak dan mudah didapat. Tapi makan junk food secara berlebihan bisa berdampak buruk bagi sistem imunitas.

Junk food mengandung banyak lemak. Dan mengonsumsi lemak berlebih merupakan penyebab utama obesitas. Kebanyakan lemak jenuh dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh bahkan sebelum penambahan berat badan mulai terlihat.

Terlebih lagi obesitas dapat mempengaruhi kemampuan sel darah putih untuk berkembang biak dan menghasilkan antibodi, sehingga membuat badan lebih rentan terhadap infeksi.

Baca juga : 10 Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Yang Ingin Sehat Wajib Baca

#9. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein 

Terlalu banyak minum kopi dan minuman berkafein lainnya juga tidak baik bagi kekebalan tubuh. Kafein yang berlebihan merangsang sistem saraf dengan meningkatkan level stres di tubuh. Tingkat stres yang tinggi menyebabkan pelepasan hormon stres seperti kortisol.

Kortisol dikenal dapat menekan sistem kekebalan tubuh, dan membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi dan masalah kesehatan lainnya. Kortisol yang tinggi juga terkait dengan masalah kesehatan jantung, gula darah dan kolesterol tinggi.

Sejatinya, bila diminum secukupnya, kopi memiliki banyak manfaat. Tapi jangan minum kopi berlebihan. Batasi maksimal hanya 1 – 2 cangkir kopi sehari.

1 Response to "9 Kebiasaan Harian Yang Dapat Membahayakan Sistem Kekebalan Tubuh"

Ratna Silvi mengatakan...

Saya sangat merasakan bahwa dengan selalu memperhatikan makanan yang akan saya konsumsi, badan selalu sehat. Banyak minum air putih, menghindari makanan minuman tinggi gula, menghindari aneka gorengan, tidak minum kopi, tidak makan jeroan, dsb, adala cara membuat badan selalu sehat. Beda ketika saya belum memperhatikan kesehatan makanan yang saya konsumsi. Dulu, saya mudah sakit.

Oleh karena itu, kita sebaiknya selalu bertanya ketika akan mengonsumsi suatu makanan. Sehat nggak makanan ini untuk saya. Jika sehat, boleh makan tetapi tidak boleh berlebihan. Cara seperti ini akan membuat badan kita sehat.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *