2 Jenis Masker Untuk Melindungi Pernafasan dari Kabut Asap


Bencana kebakaran hutan dan lahan di beberapa wilayah pulau Sumatra dan Kalimantan, belum juga bisa ditanggulangi. Yang paling menderita siapa lagi kalau bukan rakyat kecil. Salah satu benda yang sangat bermanfaat saat terjadi bencana kebakaran dan kabut asap adalah masker.

Masker bisa menjadi pelindung pertama dari paparan polutan, gas berbahaya, termasuk paparan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Masker dapat menyaring udara sebelum akhirnya masuk ke dalam saluran pernapasan.

Ada beberapa jenis masker yang dapat dipakai sebagai pelindung saluran napas. Namun, tak semua masker memiliki fungsi yang sama, terutama bila dikenakan di kawasan tinggi polusi atau kawasan dengan wabah kabut asap, seperti Sumatera dan Kalimantan.

Sumer foto : riaumandiri.co

Jenis masker untuk melindungi pernafasan

Berikut jenis-jenis masker yang dapat digunakan untuk melindungi pernapasan.

#1. Masker sederhana

Masker sederhana atau simple mask merupakan masker umum yang ditemukan di pasaran. Masker ini dikenal juga dengan nama masker debu.

Masker ini merupakan bentuk masker dengan perlindungan paling sederhana. Masker ini dapat digunakan untuk melindungi diri dari menghirup paparan polusi udara. Penggunaan masker sederhana sangat disarankan bagi orang yang sering berkendara dengan sepeda motor atau menggunakan transportasi umum.

Efektivitas penyaringan polusi udara pada masker ini disebut dapat mencapai 30-40 persen. Namun, masker ini tidak cocok untuk menyaring pekatnya kabut asap akibat karhutla.

#2. Masker respirator

Masker respirator merupakan masker yang dirancang untuk melindungi pernapasan dari partikel kecil yang berbahaya seperti asap, uap, dan gas berbahaya.

Masker ini umumnya lebih tebal dibandingkan dengan masker sederhana. Masker ini disarankan digunakan untuk keperluan industri, medis, dan pada kualitas udara yang sangat buruk.

Efektivitas filtrasi udara pun disebut jauh lebih baik dan oleh karena itu harganya pun lebih mahal ketimbang masker sederhana. Efektivitas filtrasi pada masker ini ditandai dengan huruf dan angka yang terdapat pada masker.

Huruf N pada masker memiliki arti not resistant to oil atau tidak bisa digunakan pada lingkungan yang mengandung minyak aerosol. Huruf R artinya resistant oil atau bisa digunakan pada lingkungan yang mengandung minyak. Huruf P artinya oil proof atau bisa digunakan pada lingkungan yang mengandung minyak.

Sedangkan makna angka, misalnya 95, berarti memiliki kemampuan penyaringan polutan diameter paling kecil yakni 0,3 mikrometer hingga 95 persen. Sedangkan 99 berarti penyaringan mencapai 99 persen, dan 100 berarti penyaringan dapat mencapai 99,97 persen.

Masker N95 yang banyak disarankan dan cukup mudah didapat di pasaran berarti tidak bisa digunakan untuk lingkungan dengan minyak namun mampu menyaring polutan dengan 0,3 mikrometer hingga 95 persen.

Masker respirator juga memiliki dua jenis. Pertama, air purification motion mask yang sekaligus dapat berfungsi untuk memurnikan udara yang dihirup. Kedua, air supply mask yang memiliki cadangan oksigen sehingga dapat menyuplai oksigen bagi pengguna. Biasanya masker ini digunakan jika berkegiatan di area yang memiliki sedikit oksigen seperti pertambangan.

Jika dilihat berdasarkan bentuk, maka masker juga bisa dibagi menjadi tiga. Yakni menutupi sepertiga bagian wajah, setengah bagian wajah, dan menutupi seluruh wajah. (cnni)

0 Response to "2 Jenis Masker Untuk Melindungi Pernafasan dari Kabut Asap"

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *