8 Tips Mencegah Penularan Virus Corona Pada Orang Tua


Kalangan yang dianggap paling rentan terhadap infeksi virus corona adalah para orang tua. Terlebih apabila orang tua tersebut punya riwayat penyakit lain seperti diabetes atau kanker paru-paru.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa, orang tua atau orang dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya dapat dengan mudah terinfeksi oleh virus corona karena kekebalan mereka lebih rendah.

Tips mencegah virus Corona pada orang tua

Nah bagaimana cara mencegah agar orang tua kita tidak tertular virus Corona ? Berikut ini tipsnya, seperti dilansir Boldsky, pada Rabu 18 Maret 2020.

Tips mencegah virus Corona pada orang tua

#1. Jangan lakukan traveling 

Tunda atau batalkan jadwal traveling atau perjalanan yang telah direncanakan. Karena selama bepergian, seseorang akan lebih mudah terpapar apalagi jika berada di tengah kerumunan. Saat dalam perjalanan, misalnya dengan kendaraan umum dan hotel yang tidak dibersihkan dengan benar dapat meningkatkan risiko infeksi.

#2. Hindari pertemuan sosial

Pertemuan sosial selalu melibatkan orang banyak. Itu artinya disana sangat mungkin terjadi banyak kontak fisik seperti jabat tangan, sentuhan dll, sehingga rentan penyebaran penyakit. Pertemuan sosial juga memungkinkan orang untuk menyentuh benda-benda yang terinfeksi oleh virus corona sehingga mengarah ke penyebaran virus.

Oleh karena itu, para orang tua harus selalu ingat bahwa meskipun mereka sedang dalam pengobatan dan kondisinya stabil, situasinya mungkin menjadi lebih buruk jika mereka terinfeksi oleh COVID-19.

#3. Hindari lakukan kunjungan 

Acara kunjung-mengunjungi antar anggota keluarga harus dikurangi. Untuk sementara hindari mengunjungi anak-cucu, sebab anak-anak juga mudah terserang virus karena kekebalan tubuh mereka yang belum berkembang.

Jika orang tua terkena virus corona lalu berkunjung ke cucu mereka yang masih kecil, maka kemungkinan besar penyebaran virus pindah ke anak-anak.

#4. Tunda pemeriksaan rutin

Orang tua lebih banyak mengalami masalah kesehatan, oleh karenanya mereka rutin melakukan pemeriksaan ke dokter. Cobalah untuk menunda sebentar dan hanya mengunjungi saat sangat mendesak.

Jika terpaksa ke dokter, pastikan tangan mereka dicuci dan peralatan yang ada didesinfeksi dengan baik dengan desinfektan berbasis alkohol.

#5. Optimalkan pertemuan virtual

Bagi orang tua, menjauhkan diri dari interaksi sosial pasti sangat berat, karena dapat menyebabkan isolasi sosial dan berpengaruh pada kesehatan mental orang tua. Karena itu, orang yang mereka cintai harus memastikan bahwa mereka tidak merasa sendirian dan tetap bahagia.

Orang tua dapat melakukannya dengan mengatur pertemuan virtual (seperti Skype atau Panggilan video) dengan teman atau kerabat mereka sehingga kesepian tidak akan memengaruhi kondisi pikiran mereka.

#6. Ajarkan tentang kebersihan pada pengasuh

Pengasuh biasanya terdiri dari kelompok profesional yang berpengalaman dalam memberikan perawatan yang tepat untuk orang tua. Namun tetap penting untuk memeriksa kembali kebersihan pengasuh apalagi dalam keadaan wabah. Pastikan mereka mencuci tangan dengan benar dan tidak mengunjungi daerah yang terinfeksi wabah.

#7. Jangan berkunjung ke rumah jompo

Panti jompo dimaksudkan untuk memberikan perawatan dan perhatian yang tepat kepada para orang tua serta memantau kesehatan rutin mereka. Karena orang tua lebih rentan terhadap virus corona, maka pengunjung nonmedis ke panti jompo harus dibatasi, meskipun anggota keluarga.

#8. Disiplin dengan jadwal kegiatan harian

Anggota keluarga yang lain harus memperhatikan orang yang lebih tua serta memperhatikan kebiasaan rutin mereka seperti tidur tepat waktu, makan sehat, dan tetap olahraga setiap hari.

Disiplin dalam melaksanakan kegiatan harian akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka dan membantu para orang tua tetap sehat dan aman.

0 Response to "8 Tips Mencegah Penularan Virus Corona Pada Orang Tua"

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *